Home / Berita Terkini / Menjaring Talenta Muda Melalui Selekda Seni Qasidah Gambus

Menjaring Talenta Muda Melalui Selekda Seni Qasidah Gambus

Banda Aceh – Seleksi Daerah Seni Qasidah Gambus merupakan upaya Pemerintah Aceh untuk menyaring talenta-talenta muda berpotensi di bidang seni gabus di seluruh Aceh, agar mampu bersaing di tingkat nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Dyah Erti Idawati, selaku Ketua Lasqi Aceh, kepada awak media usai membuka secara resmi Seleksi Daerah Seni Qasidah Gambus Tingkat Aceh Tahun 2019, di Anjong Mon Mata, Selasa (22/10/2019).

“Ini merupakan upaya dini Pemerintah Aceh melalui Lasqi Aceh untuk menjaring bibit potensial Aceh. Dengan mempersiapkan sejak dini, kita tentu berharap Lasqi Aceh mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Saya berharap para peserta mempersiapkan diri sebaik mungkin agar mampu tampil maksimal nantinya pada seleksi hari ini,” ujar Dyah Erti.

Wanita yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua TP PKK Aceh ini menjelaskan, Selekda ini merupakan Festival Qasidah Gambus XXIV Tingkat Aceh, yang akan berlangsung hingga besok (Rabu, 23/10).

“Selekda ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Aceh dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lasqi Aceh. Nantinya, peserta terbaik akan mewakili Aceh pada Festival Bintang Vokalis Qasidah Gambus Tingkat Nasional, yang berlangsung di Kota Ambon, pada tanggal 17 hingga 23 November mendatang,” sambung Dyah Erti.
Lasqi Aceh, sambung Dyah Erti, selama ini terus berusaha menggali potensi kesenian kasidah dan gambus di Aceh. Selain upaya pembinaan dan Selekda DPW Lasqi Aceh rutin mengikuti event-event nasional.

“Tahun 2017, DPW Lasqi Aceh mengikuti event internasional di Thailand. Upaya ini bertujuan untuk melakukan regenerasi dan mendorong berkembangnya seni kasidah dan gambus. Upaya pembinaan juga kita lakukan di daerah. Grup qasidah didikan DPW Lasqi Aceh diutus untuk mengikuti event di kabupaten/kota. Tahun ini ada beberapa event di daerah, seperti Langsa, Gayo Lues, Bireuen, dan Sabang. Insya Allah, ini menjadi ajang menempa kemampuan anak-anak kita,” kata Dyah Erti

Tak sekedar memburu prestasi, Lasqi Aceh juga turut membina grup-grup kasidah yang terbentuk di masyarakat. Grup binaan DPW Lasqi Aceh ini sering memenuhi undangan tampil di berbagai acara. Misalnya, pada resepsi pernikahan, wisuda mahasiswa, menyambut tamu pemerintahan daerah, dan acara-acara lain.
Dalam kegiatan tersebut, Dyah Erti selaku Ketua DWP Lasqi Aceh juga melantik pengurus dua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lasqi yang baru terbentuk, yaitu DPD Lasqi Kabupaten Aceh Tamiang dan DPD Lasqi Kabupaten Bener Meriah, periode 2019-2024.

“Selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Setelah pelantikan ini, kami imbau saudara sekalian dapat menggelar pertemuan lanjutan di internal masing-masing, untuk merumuskan program kerja ke depan. Sebagai bentuk koordinasi, segeralah bersilaturahmi dengan pemerintah daerah dan elemen-elemen terkait lainnya,” imbau Dyah Erti.
“Selamat berkompetisi kepada para peserta selekda. Berkompetisilah secara sportif. Insya Allah, dari Selekda ini akan lahir lagi grup qasidah terbaik yang mampu mengharumkan nama Aceh di kancah seni budaya islami baik di tingkat nasional maupun internasional,” pungkas Dosen Teknik Arsitektur Unsyiah itu.

Check Also

Aceh Raih 2 Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional

Jakarta – Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Tamiang meraih penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional …