Home / Informasi Lain / DINUL ISLAM / Menyelami Makna Kun Fayakun

Menyelami Makna Kun Fayakun

Humas Aceh | 11 Maret 2016

Kalimat Kun Fayakun di dalam Alquran memiliki makna yang dalam. Kun Fayakun for Life mengandung motivasi yang sangat kuat. Di antara semangat yang dibagikan yaitu sosialitas dan introspeksi diri. Sosialitas mencakup hubungan dengan sesama manusia dan hubungan dengan Tuhan. 

“Membangun muhasabah kita itu ya ada nilai tambahnya lah. Dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan,” ujar Panitia Seminar Kun Fayakun for Life di Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta, MH Idris, beberapa waktu lalu. Idris mengatakan, kegiatan ini merupakan tradisi yang sudah ada sejak PPPA Daarul Quran berdiri.

Menurut Idris, acara ini mengundang banyak peminat. Setiap kali Kun Fayakun for Life digelar, selalu ada jamaah dan nuansa yang baru. Ia berharap acara ini dapat digelar tak hanya bagi perorangan namun juga korporasi.

Acara Kun Fayakun for Life kali ini menghadirkan pembicara Ustaz Hendy Irawan Saleh. Ustaz Hendy mengatakan, ada perubahan positif dalam keinginan umat Islam mengikuti apa yang tercantum dalam Alquran. Walaupun begitu, semakin hari, semakin banyak orang mengikuti Alquran dengan pemikiran masing-masing yang bermacam-macam.

“Ada yang berpikir harus syari. Ada yang kehidupannya syari tapi berpikirnya masih jahiliyah. Ini kan namanya balance of life,” kata Ustaz Hendy.

Menurut Ustaz Hendy, setiap orang berhak mendapatkan kun fayakun dari Allah SWT. Kun fayakun merupakan sesuatu yang memiliki posibilitas sangat tinggi untuk manusia. Untuk mewujudkan hal ini, perlu ada perubahan cara berpikir dari yang tidak mungkin (impossible) menjadi mungkin (possible).

Sumber : http://khazanah.republika.co.id

Check Also

Jelang Pelantikan, Kadinsos Aceh Ingatkan Karang Taruna Agar Tidak Mati Suri

Humas Aceh | 19 Juni 2019 Banda Aceh – Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM, …