Home / Berita Terkini / Pemerintah Aceh dan Universitas Rhode Island Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan

Pemerintah Aceh dan Universitas Rhode Island Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan

Humas Aceh | 10 Okt 2018

Banda Aceh – University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat dan Pemerintah Aceh melanjutkan kerjasama bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kerjasama tersebut juga melibatkan Universitas Syiah Kuala dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam MoU Kerjasama yang ditandatangi oleh Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Delegasi dari Universitas Rhode Island, Universtitas Syiah Kuala dan UIN Ar-Raniry di Aula Pendopo Wakil Gubernur Aceh, Rabu (10/10/18).

Direktur Bisnis dan Kerjasama Pendidikan Universitas Rhode Island (URI), Brook William Ross menyampaikan, sejak tahun 2015, URI sudah menjajaki kerjsama dengan Pemerintah Aceh. Pada tahun 2016, URI, Pemerintah Aceh, Unsyiah dan UIN-Ar-Raniry juga telah menandatangani MoU kerjasama.

“Sejak saat itu, URI sudah memulai dukungan pelatihan untuk dinas Pendidikan Aceh, Khususnya pengembangan kapasitas Guru-guru SMK, mengirim professor URI ke Dinas Perikanan, Universitas Teuku Umar, Unimal dan Unsyiah untuk melakukan seminar dan lokakarya,” ujar William.

William mengatakan, untuk meningkatkan kerjasama yang lebih baik lagi, URI, Pemerintah Aceh, Unsyiah dan UIN melakukan penandatangan MoU yang sudah direvisi untuk mendukung program prioritas baru yang dibutuhkan.

Beberapa program kerjasama yang akan dilakukan URI kata William berupa, program akademik untuk para dosen, Pertukaran Dosen, Pertukaran Mahasiswa S1 dan S2, Penelitian, partisipasi seminar dan konferensi, pertukaran materi pembelajaran dan informasi, program akademik jangka pendek, pengembangan kompetensi staf serta berbagai kerjasama lainnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sangat mendukung langkah kerjasama tersebut. Aceh kata Nova akan mendapatkan manfaat dari kerjasama tersebut, terutama dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia.

“Saya sangat setuju bahwa peningkatan kapasitas sumber daya manusia itu sangat penting dan hanya bisa dilakukan dengan pendidikan,” kata Nova.

Untu itu, Pemerintah Aceh kata Nova siap bekerjasama dalam segala bidang pendidikan agar  kualitas sumber daya manusia di aceh akan lebih meningkat.

“Kita berharap kerjasama ini berjalan dengan baik, dan berbagai program yang dilakukan memberikan manfaat kepada masyarakat Aceh,” ujar Nova

Check Also

Pemerintah Aceh Akan Bantu Renovasi Asrama Mahasiswa di Yogyakarta

Humas Aceh | 17 Okt 2018 Yogyakarta – Pemerintah Aceh akan membantu pembiayaan untuk merenovasi …