Home / Aceh Barat / Pemkab Aceh Barat Rencanakan Musrenbang Perempuan

Pemkab Aceh Barat Rencanakan Musrenbang Perempuan

Humas Aceh | 3 Feb 2016

Meulaboh  – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh berencana melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) khusus perempuan sebagai upaya peningkatan kesertaan gender dalam pembangunan.

Bupati Aceh Barat Dr (HC) H T Alaidinsyah di Meulaboh, Rabu mengatakan, merupakan suatu keharusan setiap daerah dalam penyusunan program dan kegiatan untuk menyusun analisis pengarustamaan gender sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 15 Tahun 2008 tentang pendoman umum pelaksanaan pengarustamaan gender.

“Mulai tahun 2016 ini Pemkab Aceh Barat akan melaksanakan musrenbang perempuan yang diikuti oleh utusan kaum perempuan dan anak dari seluruh kecamatan, sehingga kedapan agar ada kesetaraan pembangunan,” sebutnya.

Alaidinsyah menyampaikan, pemerintah berkomitmen untuk mengikut sertakan kaum perempuan dalam setiap aktivitas yang diselenggarakan sebagai wujud nyata program dirinya untuk menempatkan posisi perempuan dan laki-laki sama dalam pembangunan.

Dia memintakan kaum perempuan dapat berperan aktif dalam setiap program pembangunan daerah dan harus percaya diri melaksanakan perannya sebagai pengambil kebijakan yang berkepentingan bagi kaum hawa dilingkungan sekitar.

Untuk setiap kelembagaan seperti “tuha peut”, perangkat gampong (kaur) dan PPK harus menetapkan keterwakilan perempuan dalam kepengurusannya minimal 1:2 orang, dengan demikian aspirasi dari gampong dapat terserap secara merata.

sumber : www.aceh.antaranews.com

Check Also

Ketua Dharma Wanita Setda Aceh Ikut Deklarasi Germas Simeulue

SIMEULUE—Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Aceh Safrida Yuliani, SE, Ak, M.Si memberikan dukungan penuh …