Home / Berita Terkini / Pengurus BPD Eksportir Handicraft Aceh Dilantik

Pengurus BPD Eksportir Handicraft Aceh Dilantik

Humas Aceh | 12 Januari 2018
 
Banda Aceh — Badan Pengurus Daerah Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Provinsi Aceh periode 2018-2023 dilantik. Pelantikan itu dilakukan oleh Wakil Ketua I Asephi pusat, Muchsin Ridjan, di Anjong Mon Mata Pendapa Gubernur Aceh, Jumat 12/01/2017.

Mereka yang dilantik adalah Amna Yusra sebagai Ketua, Nara sebagai sekretaris dan Nadia sebagai Bendahara.
Wakil Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati, yang hadir dalam pelantikan tersebut, mengatakan Asephi harus terus bersinergi dengan Dekranas dan komunitas-komunitas, untuk membantu masyarakat agar lebih kreatif dalam mempersiapkan karya yang bisa menembus pasar global.
Usaha handicraft atau kerajinan rakyat merupakan bagian ekonomi kreatif yang berperan mendorong kesejahteraan rakyat. Di samping juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat dan produknya tentu sarat seni dan budaya.
“Keberadaan Asephi pastinya bisa memperkuat misi pemerintah dalam suksesnya program Aceh kreatif. Harapan kita semua kerajinan Aceh bisa menembus pasar yang lebih luas,” kata Dyah.
Hasil kerajinan Aceh, kata Dyah, menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Banyak produk kerajinanan Aceh yang diminati oleh pasar nasional maupun mancanegara. Dekranasda Aceh juga terus
memberi perhatian pada penguatan dan peningkatan hasil karya.
Di antaranya adalah meningkatkan pembinaan dan pelatihan berkelanjutan bagi masyarakat lewat penggagasan program desa kerajinan.
Sementara Ketua BPD Asephi Aceh, Amna Yusra, mengatakan organisasi tersebut aktif dalam mempromosikan produk kerajinan Aceh hingga ke mancanegara. Sebagai organisasi profesi yang menjalin hubungan antara produsen dan perajin, Asephi bersama Dekranasda Aceh terus mengkoordinir para perajin, sehingga lahir kreasi produk yang bermutu.
“Program kita ke depan adalah bisa menggiatkan ekspor barang kerajinan sebagai produk ekspor nonmigas, untuk kemakmuran para perajin,” kata Amna Yusra. [Humas-Aceh]

Check Also

[FOTO] : Pelantikan Anggota Badan Pengawas PDPA

Humas Aceh | 7 Juni 2018 Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan. MM melantik anggota Badan …