Home / Berita Terkini / Perajin Menjahit Diminta Pertahankan Corak Lokal dalam Karyanya

Perajin Menjahit Diminta Pertahankan Corak Lokal dalam Karyanya

Humas Aceh | 3 April 2019

Banda Aceh – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati meminta para perajin menjahit untuk mempertahankan nilai tradisional dan corak lokal dalam setiap kerajinan yang mereka hasilkan. Dengan demikian nilai dan identitas kedaerahan dalam karya jahitan tetap bertahan bahkan semakin berkembang. 
Untuk memperkaya pengembangan desain motif dengan pola yang praktis, PKK Aceh menggelar pelatihan menjahit guna mendorong peningkatan kapasitas para perajin jahitan tradisional Aceh.
“Yang kita latih adalah perajin yang sudah ahli menjahit maka kita hanya mengajarkan teknik menjahit dengan pola praktis,” kata Dyah saat kegiatan tersebut di Hotel Rasamala Banda Aceh, Rabu 3/04.
Training yang diikuti 46 peserta dari 23 kabupaten dan kota se Aceh itu, kata Dyah, sifatnya adalah ToT atau Training of Trainers bagi calon pelatih. Nantinya mereka akan dipandu oleh PKK masing-masing daerah untuk mengajarkan pola praktis kepada perajin lokal. Dengan demikian proses transformasi pengetahuan secara berkelanjutan.
Kepada para perajin, Dyah berpesan agar karya yang dihasilkan haruslah berupa produk berkualitas yang punya nilai jual.
Nurhayati, ketua panitia kegiatan, mengatakan para perajin akan dilatih untuk menjahit dengan pola praktis dalam bentuk pola yang syari. Dalam pelatihan tiga hari itu, mereka akan diajarkan mulai dari mendesain dan merancang model sehingga karya yang nantinya dijahit bernilai jual tinggi.

Check Also

Nova Serahkan “Buku PR” kepada Forbes DPR dan DPD RI

JAKARTA—Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, MT menyerahkan “Buku PR” bersampul biru kepada Forum Bersama (Forbes) …