Home / Berita Terkini / Perempuan Aceh Perlu Pengetahuan Parenting

Perempuan Aceh Perlu Pengetahuan Parenting

Humas Aceh | 16 Maret 2016

Banda Aceh – Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Aceh Hj. Niazah A Hamid, mengatakan setiap perempuan Aceh sebaiknya memiliki pengetahuan yang baik di bidang parenting, yakni keterampilan seorang ibu dalam mengasuh anak-anaknya.
Hal tersebut disampaikan niazah dalam sambutannya pada Seminar Nasional Islamic Parenting di gedung AAC Dayan Dawood, Selasa (15/03). Seminar yang dihadiri seluruh ibu PAUD Provinsi Aceh dan bertema “Sepasang Sayap Menuju Surga” itu mengusung artis Astrie Ivo sebagai pembicara utamanya.
Menurut Istri Gubernur Aceh yang kerap dipanggil Umi Niazah itu, parenting merupakan konsep baru yang juga ada dalam ajaran Islam, namun menggunakan istilah yang berbeda. Pola asuh anak (parenting) dalam Islam mencakup tujuh hal, yaitu pendidikan spiriual, pembentukan karakter dan perkembangan fisik, pendidikan intelektual, psikologis, sosial serta pendidikan seksual. Semua hal ini menjadi kebutuhan yang harus diperharikan dalam Islam, rincinya.
“Jika hal itu dilakukan dengan sempurna, itu pertanda orang tua sedang menyiapkan generasi terbaik,” ujar Umi Niazah.
Umat yang baik, kata Niazah, terbentuk dari kumpulan keluarga-keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah. Keluarga sakibah tidak mungkin terbentuk tanpa dilandasi oleh keimanan, ketaqwaan, dan kesalehan.
Pada kesempatan seminar nasional bersama Penerbit Erlangga tersebut, Umi Niazah berharap agar ibu-ibu yang memadati ruangan agar bisa mendapatkan pencerahan terkait pola asuh anak. Para peserta, kata Niazah, harus bisa mengambil inspirasi tentang bagaimana mendidik anak dengan menumbuhkan hal positif yang dapat meningkatkan kecerdasan anak.
Sementara Astrie Ivo, menyebutkan kehadiran banyak orang tua dalam seminar yang ikut membedah buku karyanya, menjadi momentum istimewa. Pasalnya, dari deretan peserta hadir, ada ibu-ibu, istri pejabat Pemeritah Aceh dan istri pimpinan SKPA. Hal itu, menjadi bukti, bahwa para ibu di Aceh peduli akan anak-anak mereka. “Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang hebat,” ujar Astrie Ivo.
Orang tua yang hebat, kata Astrie Ivo, adalah mereka yang bisa mendidik anak dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Karena ilmu yang bermanfaat, adalah amalan yang pahalanya tidak akan putus

Check Also

Nova Iriansyah Hadiri Rakornas Forkopimda di Bogor

Bogor–Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemerintah Pusat …