Home / Berita Terkini / Peringatan Nuzulul Qur’an Motivasi Mencintai Al-Qur’an
Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah membacakan sambutan pada Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat 1 Juni 2018)

Peringatan Nuzulul Qur’an Motivasi Mencintai Al-Qur’an

Humas Aceh | 2 Juni 2018

Banda Aceh – Peringatan Nuzulul Qur’an adalah sarana untuk memotivasi diri untuk mentadabbur Al-Qur’an sehingga timbul kecintaan yang akan mengantarkan setiap individu muslim pada tingkat ketaqwaan yang terbaik kepada Allah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dalam sambutannya, pada acara peringatan malam Nuzulul Qur’an, di Masjid Raya Baiturrahman, Jum’at (1/6/2018) malam.

“Alhamdulillah, malam ini kita kembali dapat memperingati Nuzulul Qur’an, malam di mana Allah pertama kalinya menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad sebagai Hudanlinnas atau pedoman bagi kehidupan kita,” kata Wagub.

Wagub menambahkan, Al-Quran adalah pedoman hidup yang lengkap karena mengandung banyak hikmah, sejarah, aturan hukum dan moral. Selain itu, Al-Qur’an juga mengandung ilmu pengetahuan sebagai pedoman, motivasi, dan patokan dalam menata perikehidupan masyarakat muslim.

“Perikehidupan dimaksud adalah tatanan kemasyarakatan sesuai dengan kondisi objektif setiap komunitas, dengan tetap bersendi pada prinsip-prinsip umum yang ditetapkan Al-Qur’an,” ujar Nova.

Wagub menjelaskan, ayat-ayat Al-Qur’an yang diturunkan secara bertahap oleh Allah bertujuan agar hukum dan aturan yang terkandung di dalamnya dapat diterapkan secara evolutif sesuai kondisi sosio-kultural masyarakat.

“Setiap proses perubahan yang terjadi akan berlangsung secara ilmiah. Itu sebabnya Al-Qur’an merupakan petunjuk kehidupan untuk menggiring proses ke arah yang lebih baik dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Karena itu isi Al-Qur’an wajib kita pahami agar kita memahami makna hidup sebagaimana ditetapkan oleh Islam,” sambung Wagub.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga berpesan agar setiap umat muslim yang beriman menjadikan Ramadhan sebagai momentum untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap isi Al-Qur’an, karena semakin dekat seseorang dengan Al-Qur’an, maka keta’atannya kepada Allah tentu akan meningkat.

“Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud, ‘Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya’. Mempelajari dan mengajarkan di sini tidak terbatas pada konteks bacaan saja, tetapi mengamalkan nilai Al-Qur’an itu secara menyeluruh,” imbuh Nova.

Nova mengingatkan, pengaruh globalisasi telah membuat tantangan hidup masyarakat muslim semakin kuat, karena perilaku kebebasan yang membuat cepat manusia cepat terlena. Oleh karena itu, pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an yang baik, maka setiap individu muslim akan terlindung dari pengaruh buruk globalisasi itu.

“Karena itu, selagi kita masih menikmati hidup di dunia ini, wajib bagi kita untuk membaca dan mengamalkan Al-Qur’an agar hal negatif globalisasi dapat disaring, sehingga kita dapat memaksimalkan sisi positifnya.

Untuk itu, melalui momentum Nuzulul Qur’an ini,  Wagub menghimbau seluruh masyarakat Aceh untuk pelajari dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an agar cita-cita membangun generasi yang cerdas dan bertaqwa kepada Allah dapat terwujud.

“Jika semangat kita dapat dimulai dari diri masing-masing, maka Insya Allah impian kita untuk membumikan Al-Qur’an di Aceh akan terlaksana dengan baik, sehingga Aceh Hebat, Aceh yang makmur dan sejahtera di masa depan Insya Allah dapat kita wujudkan” pungkas Wakil Gubernur Aceh.

Malam peringatan Nuzulul Qur’an juga diisi dengan tausyiah yang disampaikan oleh Ustadz DR Fauzi Saleh MA, yang menekankan tetang pentingnya membaca dan mentadaburi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Malam Nuzulul Al-Qur’an adalah malam dimana Allah membangun peradaban dunia. Saya sangat terharu melihat antusiasme masyarakat yang begitu semarak menyambut malam Nuzulul Qur’an dengan memadati Masjid raya Baiturrahman ini,” ujar Ustadz Fauzi Saleh.

 

Check Also

Pemerintah Aceh Minta Anggota DPD Perjuangkan Perpanjangan Dana Otsus

Humas Aceh | 12 Des 2018 Banda Aceh- Pemerintah Aceh meminta kepada delegasi DPD RI …