Home / Berita Terkini / Peringati HKG PKK ke 48, TP PKK Aceh Sosialisasikan Cuci Tangan Kepada Lansia
Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dr. Dyah Erti Idawati, MT mensosialisasikan cara cuci tangan dengan benar dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 48 di UPT Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang di Ulee Kareng, Banda Aceh, (5/3/2020).

Peringati HKG PKK ke 48, TP PKK Aceh Sosialisasikan Cuci Tangan Kepada Lansia

Banda Aceh – Tim Penggerak PKK Aceh mengajak lansia (lanjut usia) di Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Dinas Sosial yang berada di kawasan Gampong Lamglumpang, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, untuk mempraktikkan cuci tangan pakai sabun dengan benar. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit berbahaya yang ditularkan melalui tangan.

Wakil Ketua TP PKK Aceh Dyah Erti Idawati, mengatakan praktik cuci tangan yang baik dan benar ini adalah salah satu upaya TP PKK Aceh dalam meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya lansia tentang kebersihan diri dalam rangka pencegahan penularan penyakit melalui sentuhan tangan.

Menurut Dyah, cuci tangan mempunyai seribu manfaat yang luar biasa untuk mencegah berbagai penyakit menular. Bahkan dalam kasus virus corona, cuci tangan dianggap salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah dan menghindari penularan penyakit yang mematikan tersebut.

Ia menuturkan, sosialisasi tersebut juga bermaksud untuk menekan kepanikan masyarakat akibat kabar virus corona yang santer dikabarkan beberapa waktu ini.

“Ketakutan yang berlebihan terhadap suatu penyakit justru akan mempersulit keadaan, jadi menjalani hidup bersih dan sehat dengan cara cuci tangan yang bersih sangat efektif untuk memutuskan mata rantai penyakit menular,” kata Dyah saat mengunjungi Rumoh Seujahtra, Kamis, 5/2/2020.

Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dr. Dyah Erti Idawati, menyerahkan bantuan kepada para lansia dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 48 di UPT Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang di Ulee Kareng, Banda Aceh, (5/3/2020).

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Dyah juga mengajak seluruh lansia yang berada di rumah sejahtera agar senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Dengan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat, kata Dyah, tentunya akan memberikan dampak yang baik untuk kehidupan. Dengan hidup bersih tentunya akan terhindar dari segala penyakit yang berbahaya.

“Saya do’akan semoga ibu dan bapak bisa nyaman dan terpelihara kesehatan sehingga mampu beribadah dengan baik dan nyaman,” kata Dyah.

Seusai memberikan arahan, Wakil Ketua TP PKK Aceh, menyerahkan sejumlah santunan bagi penghuni rumah sejahtera berupa perangkat alat shalat. Usai penyerahan santunan, Dyah beserta rombongan TP PKK Aceh meninjau kondisi kamar para lansia yang bernaung di Rumoh Seujahtra. []

Check Also

[Video] Sekda Resmikan Sembilan Ruangan Layanan Khusus Penyakit Infeksi