Home / Berita Terkini / Plt Gubernur Aceh Buka Musda l Pertahkindo

Plt Gubernur Aceh Buka Musda l Pertahkindo

Humas Aceh | 16 Juli 2018

Banda Aceh – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah membuka musyawarah daerah pertama Perkumpulan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Pertahkindo) di Hotel Kyriad Muraya, Banda Aceh, Senin 16 Juli 2018.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menghadiri Musyawarah Daerah I Perkumpulan Tenaga Ahli konsultan Indonesia (PERTAHKINDO) di Banda Aceh, Senin 16-07-2018.

Dalam sambutannya Nova mengatakan, jasa konsultan dalam menentukan pilihan teknologi, manajemen, sistim pengawasan dan mekanisme pelaksanaan pembangunan sangat dibutuhkan agar pembangunan di Aceh berjalan efektif.

“Semakin maju sebuah negara, frekuensi pembangunan pasti meningkat. Semakin maju sebuah negara, maka kebutuhan akan tenaga konsultan juga meningkat,” ujar Nova.

Peran jasa konsultan, lanjut Nova, tidak hanya dibutuhkan saat tahapan perencanaan atau studi kelayakan, tapi juga panting peranannya dalam penyiapan proyek, perekayasaan, supervisi pelaksanaan hingga pada tahap evaluasi dan pemantauan.

Kualitas seorang konsultan juga disebut sangat berpengaruh pada hasil pekerjaan yang dilaksanakan. Tak heran jika di negara-negara maju, peran konsultan begitu penting dalam mendorong agar proyek yang dikerjakan memberi hasil yang terbaik.

“Dengan berbagai alasan itu, bisa kita pastikan bahwa profesi konsultan akan terus berkembang di masa mendatang. Profesi ini semakin panting, terutama sejak berlakunya kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN,” kata Nova.

Hal itu dikarenakan kebijakan MEA telah menghadirkan pasar bebas di kawasan ASEAN, sekaligus mendorong kian ketatnya persaingan di tingkat global. Oleh sebab itu dinilai penting bagi para konsultan untuk meningkatkan kompetensinya agar proses pendampingan yang diberikan memberi hasil memuaskan.

“Karena itu perlu upaya untuk mendorong agar para konsultan di dalam negeri untuk lebih berkembang guna menghadapi kompetisi yang semakin ketat,” kata Nova.

PERTAHKINDO sendiri merupakan salah satu wadah bernaungnya para konsultan di Indonesia. Kehadiran organisasi ini di Aceh juga akan mendorong konsultan lokal untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerjanya.

Pada kesempatan itu Nova juga mengimbau agar para konsultan yang bernaung di bawah PERTAHKINDO Iebih kompak dalam membangun organisasl tersebut.

Check Also

Kepulangan Miftah ke Aceh Disambut bak Pahlawan

Humas Aceh | 15 Okt 2018 Kepulangan Miftahul Jannah ke Aceh disambut meriah. Ia yang …