Home / Berita Terkini / Plt Gubernur Ajak Mahasiswa Berwirausaha

Plt Gubernur Ajak Mahasiswa Berwirausaha

Humas Aceh | 14 feb 2019

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengajak para mahasiswa untuk menggiatkan kegiatan kewirausahaan sejak masih berstatus mahasiswa. “Mudah-mudahan paska-mahasiswa jadi Interprenership. Untuk situasi saat ini, hanya interpreter yang mampu mengubah kesejahteraan kita di Aceh,” kata Nova saat memberi kuliah umum bertema arah pembangunan Aceh di kampus Unsyiah, Kamis 14/02/2018.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iraiansyah menghadiri Pelantiakan dan serah terima jabatan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Angota Dewan Perwakilan Mahasiswa,dan Para ketua Unit kegiatan Mahasiswa, Universitas Syah Kuala, Banda Aceh 14/2/2019.

Nova menyebutkan, problem Aceh saat ini adalah kemiskinan yang disebabkan ketidaktersediaan lapangan kerja yang mencukupi. Setahun setengah kepemimpinan dia bersama Gubernur Irwandi Yusuf, terus mengupayakan masuknya investor untuk berinvestasi di Aceh. Namun hingga hari ini hal tersebut masih nihil.

“Kita terus mengundang investor tapi belum ada tanda keberhasilan,” kata Nova. Karena itu, lanjut dia, saat ini arah investasi Aceh secara konsep digeser. Pemerintah Aceh mencoba memperluas lapangan kerja secara mandiri dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus berkembang.

“Kita akan menyediakan lapangan kerja dengan investasi mandiri dengan kemampuan sendiri. Yang harus berinvestasi itu adalah orang Aceh. Hanya orang Aceh yang persepsinya sama dengan kita,” kata Nova. “Kita harus berinvestasi dengan kekuatan sendiri. Kekuatan kita UUMKM.”

Memang, kendala dari UMKM adalah pada persoalan permodalan. Karena itu, sebagai kepala pemerintahan Aceh yang juga menjabat sebagai pengendali saham Bank Aceh dan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Mustaqim, menjamin kemudahan akses permodalan para wirausaha muda di Aceh.

Karena itu, Nova meminta agar mahasiswa menyampaikan ide segar dan kreativitas mereka dalam bentuk kewirausahaan. “Hanya interpreter yang mengubah kesejahteraan kita bukan investor maupun anggaran APBA, APBD dan APBN.

Check Also

Pemerintah Aceh Terima Kunjungan 14 Perwira Sespimti Polri

Banda Aceh – Pemerintah Aceh menerima kunjungan 14 peserta dari perwira menengah Polri dan TNI …