Home / Berita Terkini / Plt Gubernur Beri Kuliah Umum di PSDKU Unsyiah

Plt Gubernur Beri Kuliah Umum di PSDKU Unsyiah

Humas Aceh | 2 April 2019

Gayo Leus : Usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Jami’ Nurussalam, Plt Gubernur dan rombongan bergerak ke Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Unsyiah, untuk menyampaikan Kuliah Umum.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Gubernur menyampaikan materi ‘Strategi Pembangunan Pertanian Mencetak Petani Millenial Menuju Pertanian 4.0’. Nova mengungkapkan, bahwa Sektor pertanian, kehutanan dan perikanan merupakan kontributor terbesar terhadap total ekonomi Aceh, yaitu menyentuh angka 29,74 persen hingga 40 persen.

Namun kondisi ini tidak serta merta menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat, karena berdasarkan data yang ada, sektor yang paling banyak masyarakat miskinnya juga tiga sektor tersebut.

“Nah, jika ingin meningkatkan kesejahteraan, maka kita harus mengintervensi ketiga sektor itu, karena sebahagian besar masyarakat kita hidup pada sektor pertanian kehutanan dan perkebunan.”

Nova mengungkapkan, ada banyak hal yang menyebabkan kehidupan petani di Aceh berada di bawah garis kemiskinan, salah satu fenomena yang menonjol kebiasaan petani kita yang gemar menjual barang mentah, padahal jika sedikit mendapat sentuhan, maka potensi ekonomi produk pertanian Aceh bernilai ekonomi tinggi.

Plt Gubernur mencontohkan, biji kopi yang selama ini dijual petani dalam bentuk green bean. “Padahal,  jika jika petani menjualnya dalam bentuk kopi yang sudah di roasting justru akan memiliki nilai ekonomi yang jauh lebih tinggi.”

Di masa mendatang, adik-adik mahasiswa di sini harus mampu mendorog semua petani di sini untuk mengelola pertanian dalam paradigma industri agar mendapatkan potensi ekonomi yang jauh lebih besar dari yag mereka lakukan saat ini.

Check Also

Koperasi Diminta Tingkatkan Promosi untuk Menambah Penjualan

Humas Aceh | 18 Juni 2019 Banda Aceh – Wakil Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti …