Home / Berita Terkini / Plt Gubernur Buka Rakor Kesejahteraan Sosial se-Aceh

Plt Gubernur Buka Rakor Kesejahteraan Sosial se-Aceh

Humas Aceh |10 Agt 2018

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah membuka Rapat Koordinasi Kesejahteraan Sosial se-Aceh, di Anjong Mon Mata, Kamis 9 Agustus 2018. Rapat tersebut membahas program rehabilitasi bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang saat ini masih cukup tinggi di Aceh.

Nova berharap, usai pertemuan itu, ditemukan formula terbaik sehingga prevalensi ODGJ di Aceh dapat menurun.

“Khusus untuk ODGJ ini, perhatian pantas kita berikan, sebab menurut data Kesehatan Nasional, persentase penderita gangguan jiwa di Aceh cukup tinggi, yakni 2,7 per mil dari 5 juta jumlah penduduk. Sedangkan rata-rata nasional 1,7 per mil,” kata Nova.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tinggi penyakit kejiwaan di Aceh begitu tinggi. Di antaranya konflik bersenjata yang pernah berlangsung hampir 30 tahun, bencana tsunami, kemiskinan akut, dan penyalahgunaan narkoba.

Nova menginstruksikan agar Pasien ODGJ segera mendapat perawatan agar penyakit itu dapat disembuhkan. Pemerintah Aceh juga telah merancang berbagai langkah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, termasuk salah satunya, dalam upaya menangani upaya rehabilitasi ODGJ.

“Kita bersyukur bahwa saat ini, beberapa
rumah sakit jiwa di Aceh sudah membuka layanan kejiwaan,” kata Nova. Pemerintah juga terus berupaya melakukan penjemputan pasien yang dipasung.

Check Also

Kepulangan Miftah ke Aceh Disambut bak Pahlawan

Humas Aceh | 15 Okt 2018 Kepulangan Miftahul Jannah ke Aceh disambut meriah. Ia yang …