Home / Berita Terkini / Plt. Gubernur Resmikan Ma’had ‘Aly Malikussaleh Pantonlabu

Plt. Gubernur Resmikan Ma’had ‘Aly Malikussaleh Pantonlabu

Humas Aceh | 12 Sep 2018

Lhokseukon- Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meresmikan Ma’had Aly Malikussaleh, Pantonlabu, Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Selasa (11/09/2018).

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meresmikan Ma’haj ‘Ali Malikussaleh, Panton Labu, Aceh Utara, 11 September 2018. Saat ini jumlah dayah di Aceh terus bertambah dari 867 dayah pada tahun 2013 menjadi 1.127 dayah dengan
jumlah santri lebih dari 120 ribu orang.

Nova mengatakan Dayah Malikussaleh yang didirikan oleh Almarhum Abu Ibrahim Bardan atau Abu Panton telah banyak mendidik generasi muda Aceh untuk menjadi pejuang-pejuang Islam. “Tidak jarang pula Beliau menghadirkan pemikiran cemerlang bagi kemajuan pemerintahan Aceh,” kata Nova.

Salah satu keinginan Abu Panton kata Nova adalah membangun sebuah lembaga pendidikan tinggi untuk menampung minat para alumni dayah dalam mengembangkan ilmu-ilmu Islam secara spesifik. “Alhamdulillah, keinginan beliau akhirnya terwujud dengan hadirnya Ma’had ‘Aly Malikussaleh di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara ini,”

Makhad ini telah memulai proses ujicoba beberapa tahun lalu dan telah mewisuda sejumlah alumni yang telah banyak berperan di masyarakat.

Setelah proses pengembangan lanjut Nova, kini saatnya Ma’had ‘Aly Malikussaleh dideklarasikan secara terbuka kepada publik, dengan tujuan agar masyarakat tahu keberadaan Ma’had ini sehingga generasi muda Aceh dapat memanfaatkan Ma’had ini untuk menimba ilmu-ilmu agama yang fokus pada studi Islam murni.

Nova mengatakan, Pemerintah Aceh sangat mendukung kehadiran Ma’had Aly Malikusaleh. Tahun 2019 kata Nova Pemerintah sudah menganggarkan dana sebesar 1 Milyar untuk Dayah tersebut.

Nova berharap kehadiran Mahad Aly di Dayah Malikusaleh dapat melahirkan cendekiawan yang berkualitas agar tuntunan untuk peneakan Syariat Islam yang kaffah berjalan dengan baik di daerah kita ini.

“Semoga cita-cita kita untuk menjalankan program Acèh Meuadab melalui implementasi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari, dapat terwujud,” ujar Nova.

Launching Ma”had Aly Malikussaleh turut dihadiri Abi Matang Panyang, Abi Lueng Angen, Abon Wahab Cempeudak, Wakil Bupati Aceh Utara dan ratusan santri.

Dengan hadirnya Ma’had Aly Malikussaleh ini, berarti saat ini sudah ada tiga Ma’had Aly yang berkembang di Aceh, yaitu Ma’had Aly MUDI di Bireun dan Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain di Aceh Besar.

Check Also

[Video] Plt Gubernur Aceh Hadiri Peringatan Hari Lansia Nasional

Humas Aceh | 18 Sep 2018 Plt Gubernur Aceh Hadiri Peringatan Hari Lansia Nasional