Home / Berita Terkini / Plt Gubernur Sambut Peserta Kirab Pemuda Indonesia di Aceh

Plt Gubernur Sambut Peserta Kirab Pemuda Indonesia di Aceh

Humas Aceh | 4 Sep 2018

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, menyambut peserta Kirab Pemuda Indonesia tahun 2018, dengan jamuan makan malam di Restoran Pendapa Gubernur Aceh, Senin 3 September 2018. Mereka, kata Nova, adalah pemuda pilihan yang berkesempatan menjelajahi keberagaman, keindahan dan semangat persatuan di Indonesia.

“Kesempatan ini jangan disia-siakan. Negeri kita ini sangat kaya dengan keberagaman, baik itu keberagaman etnis, budaya, bahasa daerah, agama, sejarah, asal usul dan sebagainya,” kata Nova Iriansyah.

Salah satu keberagaman di Indonesia, kata Nova, adalah kekayaan dalam hal berbahasa. Di provinsi Aceh saja terdapat lebih dari delapan sub-etnis yang masing-masing punya bahasa lokal dan budaya tersendiri. Kesemua budaya dan bahasa itu punya karakter masing-masing yang sampai sekarang masih eksis di tengah-tengah masyarakat.

Nova yakin kekayaan berbahasa itu masih bertahan dan akan selalu dilestarikan sampai kapanpun. “Ini adalah keindahan yang tidak banyak dimiliki bangsa-bangsa lain di dunia.”

Nova menyebutkan, Indonesia beruntung memiliki bahasa nasional yang dapat mempersatukan semua sub-etnis tersebut.  “Dengan demikian semua perbedaan itu dapat menyatu dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Nova.

Para peserta Kirab Pemuda Indonesia, kata Nova, adalah elemen penting yang diharapkan berperan besar melestarikan keberagaman itu. Karena itu, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat perlu mendorong agar pemuda Indonesia mengenal dengan baik keberagaman di Indonesia, sehingga pemuda dapat berdiri di depan dalam melestarikan dan mempersatukan keberagaman itu.

Para pemuda yang tergabung sebagai peserta Kirab Pemuda Indonesia, kata Nova, harus menjadi pelopor yang mampu menjadi perekat persatuan dan contoh teladan bagi para pemuda lainnya.

“Kalian adalah pelopor dan duta pemuda yang diharapkan siap mengambil peran tersebut. Karena itu langkah utama yang harus kalian lakukan adalah mengenal lebih dekat keberagaman di negeri kita, dengan terjun langsung ke daerah daerah yang dituju,” ujar Nova.

Nova Iriansyah meminta, agar selama dalam perjalanan para pemuda tersebut menularkan semangat kepemudaan dalam membangun bangsa dan menjaga kebhinnekaan di Indonesia. Selain itu, mereka diharapkan mampu mendorong optimalisasi potensi daerah melalui peran pemuda, serta mengkondisikan langkah-langkah inovatif dalam rangka melindungi pemuda dari faktor-faktor destruktif.

“Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Jadilah figur teladan bagi masyarakat, sehingga kalian menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam mendukung pembangunan negeri,” kata Nova Iriansyah.

Check Also

Pemerintah Aceh gelar Buka Puasa Bersama dengan Ulama se Aceh

Humas Aceh | 18 Mei 2019 Banda Aceh – Pemerintah Aceh melaksanakan kegiatan buka puasa …