Home / LINTAS ACEH / Popon Mengeluh, Cek Mad Geram

Popon Mengeluh, Cek Mad Geram

Banda Aceh, 12/29/2014 | Humas Aceh

[ Humas Aceh ] Aceh Utara – Para pengungsi di Mushalla Dusun Balee Kuta, Gampong Bintang Hu, Kecamatan Lhoksukon, memanfaatkan kunjungan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf beserta rombongan yang didampingi oleh Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, ke posko pengungsian tersebut,  Minggu (28/12/2014).

Dihadapan Wagub dan Bupati, Saiful, selaku Kepala Posko Gampong Bintang Hu menjelaskan, selama bencana terjadi, posko yang ia koordinir baru menerima bantuan sebanyak dua kali. Saiful juga mengungkapkan, bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara sangat tidak mencukupi.

Hal tersebut dikarenakan Posko tersebut menampung warga dari dua gampong, yaitu, Cot Kupok Kecamatan Baktiya Barat dan warga Gampong Bintang Hu, Kecamaan Lhoksukon.

“Kami baru menerima bantuan sebanyak dua kali, yaitu beras sebanyak 12 Kilogram dan mie instan sebanyak duabelas bungkus. Sekali lagi dua belas bungkus bukan duabelas kotak,” jelas pria yang akrab disapa Popon itu, dihadapan Wagub dan Bupati.

Mendengar penjelasan tersebut, air muka Muhammad Thaib berubah, Bupati Aceh Utara yang akrab disapa Cek Mad ini langsung meminta klarifikasi dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utara yang kebetulan ikut dalam rombongan.

“Bagaimana ini pak Kadis? Tolong dijelaskan. Pemkab telah menyalurkan bantuan sebanyak 50 ton beras tapi kenapa ada posko yang hanya menerima bantuan 12 kilogram beras?” Tanya Cek Mad kepada Kadinsos Aceh Utara.

Mendengar pertanyaan dari orang nomor satu di Aceh Utara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Utara menyatakan akan segera melakukan koordinasi dengan timnya dan akan segera menyalurkan bantuan tahap selanjutnya ke posko tersebut.

Usai memantau dan menyerahkan bantuan tanggap darurat secara simbolis kepada ketua posko banjir Gampong Bintang Hu, Wagub dan rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju ke Gampong Gampong Nga LT.

Di kawasan tersebut, Wagub menyempatkan diri untuk singgah ke Dapur Lapangan Detasemen Perbekalan dan Angkutan (Denbekang) 00-44-02/LSW. Gampong Nga LT ini juga dikenal dengan nama Cot Girek Kilometer Tiga. Di Posko ini, Wagub juga menyerahkan bantuan tanggap darurat secara simbolis, yang diterima langsung oleh Ketua Posko Gampong Nga LT.

Seperti diketahui, dipenghujung tahun 2014 ini, Kabupaten Aceh Utara dilanda bencana banjir besar. Dari 27 kecamatan, tercatat setidaknya 25 kecamatan terendam banjir, dari jumlah tersebut 18 kecamatan mengalami banjir parah dan 7 kecamatan lainnya terendam banjir kategori sedang.

Secara keseluruhan tercatat sebanyak 285 gampong terendam banjir, dimana 23.409 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 94.426 jiwa masyarakatnya mengungsi di 365 titik pengungsian yang tersebar diseluruh kawasan Aceh Utara.

Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten belum bisa memastikan berapa jumlah kerugian yang diderita. Namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Check Also

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh melaksanakan kegiatan rapat koordinasi teknis

Idi-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh melaksanakan kegiatan rapat koordinasi teknis pada hari Rabu (11/082022) di …