Home / Berita Terkini / Sabang Fair dan TTG 2016 Resmi Dibuka

Sabang Fair dan TTG 2016 Resmi Dibuka

Humas Aceh | 23 Mei 2016

Sabang- Pegelaran Festival Sabang Fair ke 3 dan Teknologi Tepat Guna (TTG) se- Aceh ke 11 tahun 2016 secara resmi dibuka oleh  Asisten Bidang Pemerintahan, Dr.Muzakar A Gani mewakili Gubernur Aceh di Lapangan Sabang Fair, Sabang (21/5)

Pembukaan Festival tersebut diawali dengan pelepasan Lomba Pawai Budaya oleh Asisten Bidang Pemerintah, Dr. Muzakar mewakili Gubernur Aceh dan Walikota Sabang, Zulkifli di depan Kantor Walikota Sabang yang di ikuti beberapa  Kabupaten/Kota dari seluruh Aceh. Pawai tersebut juga diikuti beberapa sekolah yang ada di Kota Sabang.

Rute pawai dimulai dari Jalan Diponegoro didepan Pendopo Wali Kota Sabang menuju Simpang Garuda, Jalan O Suropati, Jalan Teuku Umar, Rumah Sakit Umum Sabang, terus turun ke arah Pantai Paradisso menuju Jalan Malahayati, dan berakhir di Arena Sabang Fair yang dilanjutkan dengan Opening Seremoni.

Gubernur Aceh dalam sambutannya yang dibacakan Muzakar A Gani mengatakan, Sabang fair merupakan salah satu festival untuk melestarikan tradisi dan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Festival tersebut kata Muzakar juga untuk menunjukkan pada dunia bahwa Sabang bukan hanya memiliki keindahan alam tapi juga keindahan seni budayanya.

“Acara ini akan memancing kedatangan wisatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri,” kata Muzakar

Pada kesempatan tersebut, Muzakar juga  berharap penyelenggaraan TTG ke 11  mampu menyebarluaskan  informasi berbagai  teknologi  dan  potensi  daerah  yang  dapat memberikan  manfaat kepada masyarakat  dalam  berinovasi  untuk  meningkatkan perekonomian daerah.

Melalui TTG kata Muzakar , masyarakat  bisa  mendapatkan  berbagai  informasi mengenai  teknologi  yang  dapat  dimanfaatkan  untuk meningkatkan  produktivitas  usaha.

“Kita harus mendorong masyarakat agar sadar dengan teknologi,  sehingga usaha yang dikembangkan di Aceh lebih  produktif  dan  memberi  hasil  maksimal  bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Muzakar

Muzakar juga menyampaikan bahwa Tim  khusus  dari Pemerintah  Aceh  akan  menilai  dan  menseleksi  teknologi yang  dianggap  paling  kreatif  dan  mudah  diaplikasikan dalam  pengembangan  usaha untuk di ikut sertakan pada gelar  TTG  Nasional  ke-28 akan  dipusatkan  di  Kota  Mataram,  Provinsi  Nusa Tenggara Barat.

“Mereka  yang  dianggap  terbaik akan  mewakili  Aceh  dalam  gelar  TTG  Tingkat Nasional  di  Mataram  nanti,” kata Muzakar.

Festival Sabang Fair akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti, Lomba Pawai Budaya, Cagok/Lawak Festival, Tari Kreasi Baru Aceh, Musik Etnik Kolaborasi Aceh Modern, Pameran Anjungan dan Pameran Teknologi Tepat Guna yang akan berlansung selama lima hari dari tanggal 21 Mei sampai 25 Mei.

Pembukaan Festival tersebut turut dihadiri Walikota Sabang, Zulkifli,  Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Helfizar Ibrahim, Sekretaris Kota Sabang, Sofyan, Ketua DPRK Solok, Sumatra Barat dan Sejumlah SKPA dan SKPK Sabang.

Check Also

DIPA Aceh Tahun 2020 Rp 37,1 Triliun

Jakarta — Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah MT menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran …