Monday , May 29 2017
Home / Berita Terkini / Sail Sabang Sarana Mempromosikan Sabang ke Dunia Internasional
Plt. Gubernur Aceh, Soedarmo di dampingi Kadis Budpar, Reza Fahlefi meninjau lokasi persiapan sail Sabang yang akan di selenggarakan Tahun 2017 dikota Sabang. 21/1.

Sail Sabang Sarana Mempromosikan Sabang ke Dunia Internasional

Sabang – Kehadiran para peserta Sail Sabang yang berasal dari sejumlah negara, harus dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan potensi pariwisata Sabang secara lebih luas, kepada dunia internasional. Himbauan tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Soedarmo, usai meninjau  beberapa lokasi yang akan dijadikan sebagai venue utama pada event internasional Sail Sabang, Sabtu (21/1/2016).

“Masyarakat Aceh, khususnya Kota Sabang harus menjadikan event Sail Sabang sebagai momentum untuk memperkenalkan sejumlah potensi pariwisata di Sabang. Oleh karena itu, para pelaku wisata di daerah ini harus memberikan dukungan, baik dalam hal perhotelan maupun kesiapan sarana pendukung lainnya,” ujar Soedarmo.

Bersama sang istri, Ida Yuliati, Gubernur didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi dan Wakil Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang, Irwan Faisal, meninjau Tugu Nol Kilometer Indonesia, yang saat ini sedang dalam tahap akhir penyelesaian proses pemugaran.

Selain itu, Gubernur juga meninjau Pantai Wisata Iboih, dan Pelabuhan CT 3 BPKS serta kawasan Pasiran. Soedarmo berpesan, agar Tugu dan kawasan Nol Kilometer sudah selesai dikerjaan dan ditata dengan baik sebelum Sail Sabang digelar.

“Harus sudah selesai dan tertata rapi, sebelum Sail Sabang dibuka oleh Bapak Presiden. Kawasan Tugu Nol Kilometer inikan salah satu objek wisata unggulan di sini,” kata Soedarmo.

Pada kunjungan tersebut Gubernur juga sempat bertemu dan berdialog dengan Keuchik Teupin Layeun dan Keuchik Pasiran, untuk membicarakan tentang kesiapan masyarakat menyambut event Sail Sabang.

Presiden Joko Widodo Buka Sail Sabang

Sementara itu, Reza Fahlevi, selaku Kadisbudpar Aceh, menjelaskan, bahwa Sail Sabang akan dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, pada akhir November 2017.

Reza menambahkan, Sail Sabang akan diisi dengan berbagai kegiatan, pembukaan acara akan diisi dengan pagelaran tari Aceh kolosal, Sabang wonderfull expo, parade kapal hias, fishing tourament, pentas seni budaya, diving championship, kuliner, photografi competition, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Kita menargetkan, pada Sail Sabang yang berlangsung pada akhir November hingga awal Desember tahun ini, akan mendatangkan ratusan yacht dari berbagai negara serta mendatangkan kapal layar,” tambah Reza.

Kadisbudpar juga menambahkan, pelaksanaan Sail Sabang merupakan kerjasama Pemerintah Aceh dengan Kementerian Pariwisata, Kementerian Kemaritiman, Pemerintah Kota Sabang dan BPKS.

Reza juga menghimbau agar masyarakat mendukung pelaksanaan Sail Sabang dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana diketahui, sebelum Sail Sabang, Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi setempat telah menggelar Sail Raja Ampat dan Sail Tomini.

“Ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata, yang memang berpindah-pindah setiap tahunnya. Kita harus memberikan kesan positif kepada wisatawan yang datang, sehingga saat kembali ke negara masing-masing, mereka akan mempromosikan keramahan masyarakat dan keunggulan potensi wisata Sabang,” pungkas Reza. (Ngah)

Check Also

Ini pesan Bupati Rocky malam pertama Ramadhan

Humas Aceh | 27 Mei 2017 ACEH TIMUR — Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib …