Home / Berita Terkini / Tak Terkait Gulen, Pemerintah Turki Bebaskan Mahasiswi Aceh
Frans Dellian Kepala Biro Humas Setda Aceh

Tak Terkait Gulen, Pemerintah Turki Bebaskan Mahasiswi Aceh

Humas Aceh | 26 Agt 2016

Banda Aceh — Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah menyebutkan, upaya Pemerintah Aceh melalui kementerian luar negeri Indonesia melobi pembebasan mahasiswi asal Aceh yang ditahan pihak keamanan Turki telah membawa hasil. Kamis (25/08), pada sore hari mahasiswi berinisial YU yang ditangkap bersama satu orang lainnya asal Demak tersebut telah dibebaskan dan saat ini yang bersangkutan ditempatkan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara Turki.
“Alhamdulillah mahasiswi tersebut sudah aman, kemarin sudah dibebaskan dan saat ini berada di Wisma Indonesia Ankara (KBRI). Kita sedang berdiskusi dengan KBRI di sana, apa (YU) bisa kita pulangkan ke Aceh dulu,” ujar gubernur melalui Kepala Biro Humas Setda Aceh, Frans Dellian.
Frans menyebutkan, Pemerintah Indonesia sedang mengkaji berbagai kemungkinan terkait pendidikan YU. Jika memang memungkinkan, YU tetap akan melanjutkan pendidikan di Turki atau opsi pulang melanjutkan sekolah di Indonesia.
“Kita terus intens berkoordinasi dengan KBRI di sana,” ujar Frans. “Yang pasti Alhamdulillah kondisi yang bersangkutan sehat dan dia di sana (Turki) murni sebagai mahasiswi tanpa terkait dengan organisasi apa pun,”
Seperti diketahui bahwa dua Mahasiswi Indonesia asal Demak dan Aceh ditangkap kepolisian Turki karena posisi yang bersangkutan berada di rumah yayasan milik Fathullah Gulen di Kota Bursa saat digerebek. Setelah ditahan pihak keamanan sejak 11 Agustus lalu, kedua mahasiswi tersebut telah dibebaskan dan saat ini ditampung pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ankara. (Humas-Aceh)

Check Also

Siswa NTB Ikuti Program Mengenal Nusantara di Aceh

Humas Aceh | 25 Juli 2017 Banda Aceh — Sebanyak 20 siswa dari Provinsi Nusa …