Home / Kota Banda Aceh / Tutup Festival Budaya, Cek Zainal: Para Juara akan Kita Tampilkan Pada Acara Resmi Pemko Banda Aceh

Tutup Festival Budaya, Cek Zainal: Para Juara akan Kita Tampilkan Pada Acara Resmi Pemko Banda Aceh

Humas Aceh | 20 April 2018

Banda Aceh – Festival Budaya Daerah berupa Lomba Tari Tradisional Aceh dalam rangka menyambut HUT Kota Banda Aceh ke-83, resmi ditutup oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Kamis (19/4/2018).

Dalam sambutannya, Zainal Arifin mengatakan sebagai bentuk apresiasi dari Pemko Banda Aceh, para pemenang dalam festival ini akan diundang untuk tampil pada acara penyambutan tamu dan acara resmi pemerintah lainnya.

“Nanti para juara akan kita undang secara bergilir untuk tampil pada acara resmi Pemko Banda Aceh. Ini bentuk apreasiasi Pemko Banda Aceh terhadap anak-anak kita yang telah berperan dalam pelestarian tarian tradisional Aceh,” kata pria yang akrab disapa Cek Zainal ini.

Ia lalu mengingatkan, rongrongan budaya asing saat ini yang masuk bak jarum halus lewat berbagai media, menguji identitas, makna dankekuatan budaya dan adat istiadat kita.

“Jika kita ingin mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal ini dan mewariskannya kepada generasi penerus, kita harus benar-benar memperkenalkannya dan menanamkan nilai-nilainya kepada generasi muda dan masyarakat yang datang ke daerah ini.”

Ia juga berharap, dengan pelaksanaan festival ini dapat membangkitkan semangat dan kepedulian masyarakat khususnya generasi muda untuk terus berkreasi dan menguatkan semangat menjaga, mencintai, dan melestarikan nilai-nilai budaya Aceh yang Islami.

Kadisdik Banda Aceh Syaridin selaku ketua panitia mengatakan ajang yang berlangsung sejak Selasa (17/4) lalu ini diikuti oleh 49 grup tari tingkat SD, 11 grup dari tingkat SMP, dan 9 grup tingkat SMA se-Banda Aceh.

“Festival ini akan menjadi agenda tahunan Dinas Pendidikan Banda Aceh mulai tahun ini. Semoga ke depan bisa kita gelar dengan skala yang lebih besar dan meriah lagi sebagai upaya pelestarian budaya Aceh khusunya seni tari,” katanya.

Kepada para juara, sambungnya, akan diberikan hadiah berupa dana pembinaan, piagam, dan trofi. “Selain juara 1,2, dan 3, kami juga memilih juaara harapan 1,2, dan 3 serta juara favorit dari setiap jenjang sekolah,” katanya.

Berdasarkan penilaian dewan juri atas aspek wiraga, wirama, dan wirasa serta artistik secara keseluruhan, grup tari SDN 30 Banda Aceh ditetapkan sebagai penyaji terbaik 1. Sementara juara 2 dan 3 masing-masing diraih oleh SDN 37 dan SDN 17 Banda Aceh.

Untuk tingkat SMP, penyaji terbaik diraih oleh SMPN 1, juara 2 SMPN 10, dan juara 3 SMPN 17 Banda Aceh. Sedangkan pada tingkat SMA, grup tari SMAN 4 Banda Aceh berhasil menjadi yang terbaik, mengungguli

SMAN 10 Fajar Harapan dan SMAN 2 Banda Aceh.

Sementara itu, predikat juara favorit untuk masing-masing tingkatan ditabalkan bagi grup tari SDN 29, SMPN 6, dan SMAN 15 Banda Aceh.

Check Also

Langgar Qanun RTRW, Ruko di Samping Kherkof Dibongkar Satpol PP

Humas Aceh |14 Agt 2018 Banda Aceh – Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah …