Home / Aceh Tengah / Wagub Aceh: Penataan Wisata Bur Telege Butuh Kerjasama Semua Pihak

Wagub Aceh: Penataan Wisata Bur Telege Butuh Kerjasama Semua Pihak

Humas Aceh | 2 Juli 2018

Aceh Tengah – Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyampaikan bahwa pengembangan tempat wisata atau tujuan wisata tidak bisa dengan hanya mengandalkan Pemerintah saja, tapi butuh kerjasama semua pihak, baik itu swasta, investor baik luar maupun lokal dan pelaku wisata.

Hal itu disampaikan Nova saat mengunjungi lokasi wisata Bur Telege dalam rangkaian Touring Budaya bersama Ikatan Motor Besar Aceh Indonesia (IMBI) Aceh di Kota Takengon, Aceh Tengah, Sabtu (30/06/2018).

“Jadi tidak boleh bekerja sendiri-sendiri, harus bekerja secara terpadu, nanti kita duduk bersama, kita kumpulkan unsur Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Gampong dan pelaku wisata untuk membahas pengembangan wisata Bur Telege ini,” kata Nova.

Bur Telege kata Nova merupakan lokasi premium, para wisatawan dari berbagai daerah sudah ramai yang berkunjung untuk menikmati keindahan alam dan melihat kota Takengon dari Puncak Bur Telege.

Pemerintah, kata Nova, akan membangun infrastruktur dasar seperti jalan masuk menuju lokasi wisata, Listrik, dan Air bersih.

“Jadi kalau saya lihat tidak banyak dana Pemerintah yang dibutuhkan, mungkin 5 sampai 10 milyar sudah selesai,” ujarnya.

Untuk pengembangan di lokasi Bur Telege, pemerintah mendorong pemilik tanah untuk mengembangkannya tapi dengan catatan masterplannya dan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan harus disiapkan secara komprehensif oleh konsultan professional atas permintaan pemerintah.

Sedangkan Detail Enginering Design (DED) lanjut Nova dapat dilakukan menurut keinginan dan selera masing masing pemilik dan pengelola tanah. “Mudah- mudahan kita bisa berkolaborasi di semua tingkat pemerintah, nanti juga kita usahakan dana APBN melalui Kementerian terkait,” ujar Nova.

Bur Telege yang terletak di Kampung Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar, Aceh Tengah merupakan destinasi wisata perbukitan yang disulap menjadi sebuah taman dengan nuansa kekinian. Berada di ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut, pesona kota Takengon dan Danau Lut Tawar dapat dapat dinikmati dari bur Telege.

Jika pengunjung berada di seputaran Kota Takengon, akan tampak tulisan besar “Gayo Highland” di bukit di atas danau, itulah lokasi destinasi Bur Telege.

Check Also

Plt Gubernur Apresiasi Kerja Basarnas Banda Aceh

Banda Aceh– Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengapresiasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau …