Home / Berita Terkini / Wagub: Di Masa Depan, Para Santri harus Menggantikan Peran Abuya

Wagub: Di Masa Depan, Para Santri harus Menggantikan Peran Abuya

Humas Aceh | 27 Juli 2016

Abdya – Meski Abuya Djamaluddin Waly Al-Khaidy telah wafat, namun semangat beliau dalam mensyiarkan Islam harus diteruskan oleh seluruh masyarakat Aceh, terutama para santri Dayah Darussalam dan beberapa Dayah yang selama ini dibina oleh Almarhum Abuya Djamaluddin.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Aceh, H Muzakir Manaf, dalam sambutan singkatnya usai menggelar do’a bersama di komplek pekuburan keluarga Syekh Muda Waly Al-Khalidy, lokasi dimana Abuya Djamaluddin Waly Al-Khalidy dimakamkan, Selasa (26/7/2016).

“Meskipun dalam keadaan sakit, Abuya tetap membagikan ilmunya dan terus membimbing santrinya agar tidak menyimpang serta tetap berada dijalan yang benar. Semangatnya untuk terus membimbing ummat meski dalam keadaan sakit ini harus di contoh oleh semua santri,” ujar pria yang akrab disapa Mualem itu.

Untuk diketahui bersama, semasa hidupnya, Abuya Djamaluddin Waly aktif mengajar pada sejumlah Jama’ah pengajian, diantaranya pengajian pimpinan Dayah di Aceh Jaya dan Aceh Timur serta pengajian pimpinan Dayah di Islamic Centre, Lhokseumawe.

Selain menjadi Rais Am di Dayah Darussalam, yang merupakan Dayah tertua di Aceh ini, Abuya juga merupakan Pimpinan Dayah Assaasun Najjah, Aceh Besar.

Mualem juga mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk menghibur ahlul bait yang telah ditinggalkan oleh Abuya Djamaluddin, dengan menggelar Takziah agar keluarga Abuya tidak merasa sendiri saat melewati masa berkabung ini.

Tegakkan Ahlussunnah Wal Jama’ah

Dalam kesempatan tersebut, Mualem juga mengungkapkan tentang beberapa pesan Abuya Djamaluddin Waly semasa hidupnya. Diantaranya adalah menegakkan Ahlussunnah Wal Jama’ah di Aceh.

“Setiap kami bertemu, satu hal yang selalu tegas disampaikan oleh Abuya adalah tentang menegakkan panji-panji Islam yang berdasarkan dengan Ahlussunnah Wal Jama’ah di Bumi Serambi Mekah ini. Beliau sangat tegas akan hal ini,” ucap Mualem.

Takziah ke Labuhan Haji bersama Istri

Bertolak sekitar pukul 11:00 WIB dari Kota banda Aceh, Wakil Gubernur tiba di Dayah Darussalam tepat pukul 17:40 WIB, didampingi Istri, Hj Marlina Usman beserta rombongan yang terdiri atas Tu Bulqaini Tunjungan, Wakil Bupati Aceh Barat Daya, Erwanto.

Rombongan Wagub disambut oleh Abuya Sekretaris Umum Dayah Darussalam, Abi Hidayat M Waly, serta anak Abuya Djamaluddin Waly, Wardiyati, langsung menuju ke pemakaman almarhum Abuya Djamaluddin Waly Al-Khalidy yang berada dalam komplek Dayah Darussalam.

Menanggapi sambutan dari Waki Gubernur Aceh, Abi Hidayat M Waly selaku perwakilan Ahlul Bait menyampaikan rasa terima kasih kepada Wagub dan rombongan atas kunjungannya ke Dayah Darussalam

“Semoga ini dapat menjadi penghibur bagi keluarga dan santri yang masih dalam suasana duka. Kami dari pihak keluarga juga memohon maaf kepada semua pihak, jika saja selama hidupya Abuya pernahh melakukan kesalahan,” ujar Abi Hidayat.

Abi Hidayat juga menjeaskan, bahwa hubungan Abuya dan Mualem telah berlangsung sejak lama dan sangat akrab.

“Kedekatan kedua tokoh ini bukan sebatas hubungan ulama dan umara, tetapi hubungan persahabatan yang telah terjalin sejak lama. Sekali lagi terima kasih atas kunjungan Bapak Wakil Gubernur beserta rombongan.

Dalamkesempatan terpisah, Abi Hidayat yang juga merupakan menantu menantu Almarhum Abuya Djamaluddin Waly menjelaskan, sejak hari pertama wafat Abuya, Dayah Darussalam selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat yang berasal dari seluruh Aceh.

“Setiap hari, jumlah masyarakat yang datang untuk Takziah mencapai tiga ribu orang, yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di  Aceh. Atas kunjungan masyarakat ini kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya,” kata Abi Hidayat.

Mualem yang hari ini kebetulan sedang melaksanakan Puasa Syawal, dijamu berbuka puasa oleh Ahlul bait. Usai Shalat Maghrib berjama’ah Wagub beserta rombongan langsung berpamitan dengan Istri Abuya Djamaluddin Waly, Ummi Hj Salwati Hasan.

Check Also

Sekda dan Forkopimda Aceh Sambut Kapolda di Bandara SIM

Banda Aceh– Sekretaris Daerah, dr. Taqwallah, M.Kes, dan istri beserta seluruh Forkopimda Aceh menyambut kedatangan …