Home / Bener Meriah / Wakil Bupati Bener Meriah Buka Lokakarya Komite Sekolah.

Wakil Bupati Bener Meriah Buka Lokakarya Komite Sekolah.

Humas Aceh | 24 Juli 2017

TAKENGON: Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi membuka Lokakarya Komite Sekolah yang diselenggarakan oleh Sekretariat Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Bener Meriah, bertempat di Hotel Linge Land Takengon, Sabtu (23/7).

Pada kegiatan lokakarya ini pihak panitia menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Dr. Mujiburrahman, MA Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh dan M. Ridha, MA Sekjen Lembaga Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Banda Aceh yang merupakan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Nasonal yang di Aceh. Sedangkan peserta kegiatandimajsud berjumlah 108 orang yang berasal dari komite sekolah yang ada di Kabupaten Bener Meriah dan 12 orang diantaranya berasal dari Komite Sekolah dari Kabupaten Aceh Tengah. Kegiatan Lokakarya ini dilajsankan selama dua hari, yaitu pada tanggal 22-23 Juli 2017 yang di pusatkan di Hotel Linge Land Takengon dan seluruh Panitia dan peserta di inapkan.

Pada saat memberikan sambutannya Tgk.H. Sarkawi menyampaikan bahwa Pendidikan adalah merupakan salah satu program priotas kepemimpinannya bersama Bupati Bener Meriah Bapak Ahmadi, SE. Hal tersebut tertuang dalam visi dan misi pemerintahan mereka. Dalam waktu dekat kita akan memanggil seluruh stake holders yang berkaitan dengan pendidikan ini untuk merumuskan grand design dan road map pendidikan pendidikan setidaknya lima tahun ke depan, sehingga kita memiliki landasan berpijak untuk mewujudkan pendidikan kita yang berkualitas dan berdaya saing. Di sisi lain yang tak kalah penting bagaimana kita merobah pola fikir masyarakat kita bahwa sekolah itu orientasi dan tujuannya hanya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil dan mencari pejerjaan, tapi bagaimana melalui sekolah dan pendidikan itu dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain, kita harus mampu menciptakan lulusan yang memiliki skil dan keahlian yang siap terjun ke dunia kerja untuk itu salah satu solusinya adalah dengan memperbanyak pendidikan yang berbasis keahlian, demikian dipaparkan Tgk. H. Sarkawi yang juga merupakan praktisi dan pentelenggara pendidikan ini, karena kitketahui bersama bahwa beliau sendiri mendirikan dan mengelola 8 lembaga pendidikan, yaitu 2 SMP, 2 SMA, 1 SMK, 1 Sekolah Tinggi dan 2 Dayah/Pesanteren.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah Drs. Rayendra dan Kabag Humas dan prtokoler Setdakab Bener Meriah Sukur, S.Pd., M.Pd, sedangkan Ketua MPD Bener Meriah Bapak M. Nasir AK dan wakilnya Bapak Sarkati tidak nampak hadir dan setelah kami konfirmasi kepada sekretaris MPD bahwa mereka sudah mengundurkan diri terhitung sejak tanggal 17 Maret 2017 yang lalu, sehingga sampai sampai saat ini terjadi kekosongan jabatan ketua dan wakil ketua pada lembaga ini.

Di akhir sambutannya Abuya Tgk. H. Sarkawi juga memohon kepada Komite Sekolah agar terus dapat bekerja semksimal mungkin dan berperan aktif menunjang dan pendidikan di Kabupaten Bener Meriah. Komite Sekolah merupakan organisasi mitra sekolah, oleh karenanya komite sekolah harus dapat benar-benar mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah. Beliau juga berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada sekretariat MPD Bener Meriah yang telah menyelenggarakan lokakarya Komite Sekolah ini. Disisi lain selain harapan seperti hal yang disampaikan Wakil Bupati Beber Meriah tersebut, Sekretaris MPD Bener Meriah Kadarman, S.Pd. juga berharap melalui lokakarya ini para komite sekolah dapat meningkatkan pengetahuan dan keberadaannya di sekolah-sekolah sehingga mereka dapat menjalankan perannya di lapangan sesuai dengan tugas dan fungsinya (Humas Setdakab Bener Meriah)

Check Also

Kemendag Respon Cepat Surat Plt Gubernur Terkait Gula untuk Aceh

Banda Aceh, — Surat Pelaksana Tugas (Plt), Gubernur Aceh, Nova Iriansyah terkait permintaan penambahan kuota …