Home / Berita Terkini / Wakil Perdana Menteri Turki Kunjungi Aceh
Karo Humas dan Protokol Setda.Aceh H.Mulyadi Nurdin, Lc,MH

Wakil Perdana Menteri Turki Kunjungi Aceh

Banda Aceh | 12 Okt 2017

Banda Aceh – Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik, dijadwalkan mengunjungi Aceh, Jumat (13/10/2017) pagi. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai kunjungan balasan atas kedatangan Gubernur Irwandi Yusuf ke Turki akhir bulan lalu.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin, menyebutkan Fikri Isik datang ke Aceh setelah melakukan permintaan khusus kepada Presiden RI Joko Widodo untuk mengunjungi Aceh. Beliau akan tiba di bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang pukul 11.00 WIB.

“Bersama beliau juga akan hadir beberapa pengusaha Turki dan kemungkinan akan membahas beberapa peluang investasi di Aceh,” ujar Mulyadi Nurdin.

Dalam kunjungan itu, Fikri Isik akan dijemput langsung oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, kemudian menunaikan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, dan seusai salat Jumat, Wakil PM Turki akan memberikan sambutan di hadapan para jamaah.

“Selain kunjungan balasan, Wakil Perdana Menteri Turki ini juga sangat paham dengan hubungan masa lalu antara Aceh dan Turki,” kata Mulyadi Nurdin.

Menurutnya kunjungan Fikri Isik ke Aceh juga menjadi kunjungan bersejarah untuk membina kembali hubungan baik antara Turki dan Aceh.

Sebagai buah tangan, Pemerintah Aceh berencana untuk memberikan lada sicupak dan sebilah siwah, berupa pedang Aceh, kepada Fikri Isik.

Lada sicupak merupakan simbol kerjasama dua kerajaan besar masa lalu yaitu Turki Utsmani dan Aceh Darussalam. Saat itu kerajaan Aceh menjadikan komoditi lada sebagai rempah khas Aceh untuk ditukarkan dengan barang dari Turki seperti senjata dan lain-lain.

Mulyadi Nurdin menjelaskan, seusai salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Fikri Isik bersama rombongan akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Aceh di Pendopo, kemudian mengunjungi Museum Tsunami Aceh, perumahan Turki, makam Tengku Salahuddin di Bitay, serta komplek Istanbul Orphenage Complex (PKPU).

Untuk diketahui, pada akhir September lalu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menawarkan sejumlah peluang investasi kepada pengusaha turki di Hotel Bhosporus Istanbul. Di antara yang tawarkan Irwandi adalah investasi di bidang pariwisata, Kawasan Ekonomi Khusus Arun, energi dan agro industri.

Sebelumnya pada Juni 2017, Duta Besar Turki untuk Indonesia Mehmer Kadri Sander Gurbuz juga pernah melawat ke Aceh seusai Irwandi Yusuf terpilih sebagai gubernur Aceh, saat itu sang Duta Besar juga menyebut sebagai sosok yang dekat dengan Aceh karena faktor sejarah. (Humas-Aceh)

Check Also

Gubernur Serahkan Dokumen DIPA 2018

Humas Aceh | 14 Des 2017 Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, menyerahkan dokumen Daftar Isian Pelaksanaan …