Home / Berita Terbaru / 20 Ribu Lebih Dosis Covid-19 Tahap Dua Tiba di Aceh
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, S.STP, MM

20 Ribu Lebih Dosis Covid-19 Tahap Dua Tiba di Aceh

Banda Aceh – Sebanyak 20.960 dosis vaksin Covid-19 tahap ke dua tiba di Aceh, Jumat 19/02. Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh,  Muhammad Iswanto,  mengatakan vaksin sinovac itu merupakan vaksin dosis ke dua yang bakal disuntikkan kepada tenaga kesehatan di seluruh Aceh yang jumlahnya mencapai 56.470 orang.

“Kemarin sore jam 15.10 tiba di Banda Aceh. Rencananya pada hari Senin dan Selasa nanti akan kita didistribusikan ke kabupaten/kota se Aceh,” kata Iswanto dalam keterangannya di Banda Aceh, Sabtu 20/02.

Iswanto menyebutkan, Komandan Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Aceh, Kompol Akmal bersama pihak Dinas Kesehatan Aceh menjemput langsung vaksin tersebut dari gudang cargo Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar.

Sebelumnya pemerintah Aceh melalui Dinas Kesehatan Aceh telah memulai program vaksinasi Covid-19 di Aceh pada Jumat, 15 Januari 2021. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menjadi penerima vaksin pertama bersama pimpinan Forkopimda Aceh. Pelaksanaan vaksinasi tersebut akan dipusatkan di RSUDZA.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif menyebutkan, pada 5 Januari lalu, Aceh telah menerima 14 ribu dosis vaksin sinovac. Kemudian ditambah lagi 12.880 dosis pada 12 Januari. Total vaksin yang diterima Aceh sebanyak 27.880 dosis.

Distribusi untuk 21 kabupaten/kota lainnya, dilakukan pada tanggal 1 Februari 2021. Sementara untuk pencanangan dan pelaksanaan termin ke 2 di Aceh dilakukan pada tanggal 10 Februari 2021.

Hanif menyebutkan, pemberian vaksin di Aceh akan dilakukan pada sekitar 3,7 juta penduduk untuk memperoleh kekebalan komunitas atau herd immunity. Pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap dengan prioritas pertama adalah para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Kemudian kepada tenaga pelayanan publik, TNI dan Polri, sebanyak 365.294 orang. Masyarakat rentan, geospasial, sosial dan ekonomi sebanyak 1.771.014 orang, dan pelaku ekonomi esensial dan kelompok masyarakat lainnya sebanyak 1.592.752 orang. []

Check Also

Gubernur Aceh: Islam Larang Keras Monopoli

BANDA ACEH – Islam sangat melarang adanya praktik-praktik ekonomi yang tidak sehat, tidak kompetitif, termasuk …