Home / Berita Terkini / Aceh Dinilai Paling Siap Jadi Tuan Rumah PON

Aceh Dinilai Paling Siap Jadi Tuan Rumah PON

Humas Aceh | 5 Maret 2018
Banda Aceh – Ketua Tim penilai dan verifikasi calon tuan PON XXI, Marsekal Surya Dharma, mengatakan berdasarkan hasil penilain setelah melakukan peninjauan faktual di lapangan, Aceh sudah siap dan sangat cocok untuk menjadi tuan rumah PON XXI tahun 2024.

Hal itu disampaikan Surya Dharma saat menggelar konferensi pers yang turut dihadiri oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan KONI Aceh di Pendopo Gubernur Aceh, Miggu (04/03/2018).
“Setelah kita melakukan peninjaun selama tiga hari untuk melihat lansung bukti fisik di lapangan, 70 persen Aceh sudah siap menjadi tuan rumah,” kata Surya Dharma.
Surya Dharma mengatakan, syarat yang ditentukan untuk bidding dari segi kesiapan fisik sebesar 30%, namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa Aceh kesiapan Aceh sudah 70%.
Meskipun demikian kata Surya Dharma, masih ada langkah-langkah strategis yang harus dilakukan pemerintah Aceh untuk meyakinkan pemerintah Pusat bahwa Aceh siap menjadi tuan rumah PON.
“Saya sudah menyarankan Gubernur untuk membentuk tim dan melakukan lobi-lobi politik ke pemerintah pusat,” kata Surya Dharma.
Tim Penilai dan Verifikasi lanjut Surya Dharma hanya melakukan penjaringan dan penilaian dari aspek kesiapan fisik di masing-masing provinsi yang ikut bidding. Hasil yang didapatkan di lapangan nantinya akan dibawa dalam musyawarah nasional KONI untuk memutuskan siapa yang akan menjadi tuan rumah.
Hasil keputusan tersebut akan dilaporkan kepada melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk kemudian diteruskan kepada Presiden.
Sementara itu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan, Pemerintah Aceh akan terus melakukan persiapan untuk memaksimalkan kesiapan Aceh dengan meningkatkan sarana dan prasarana olahraga sehingga sesuai dengan standar yang ditentukan.
 “Kita juga sudah mengirim surat ke KONI di seluruh di provinsi lain. Saat ini sudah ada 27 propinsi yang mendukung Aceh menjadi tuan rumah,” kata Irwandi.
Selain itu, Irwandi mengatakan, akan melakukan pendekatan dengan pemerintah pusat untuk meyakinkan bahwa Aceh layak menjadi tuan Rumah PON XXI tahun 2024.
Sebagaimana diketahui, Aceh dan Sumatera Utara mendaftarkan diri sebagai calon tuan rumah bersama PON XXI tahun 2024. Dari total 56 cabang olahraga yang dipertandingkan, masing-masing provinsi akan melaksanakan 28 cabang olahraga.
Selain Aceh, diketahui ada tiga provinsi lain yang juga mendaftar sebagai calon tuan rumah, yaitu Bali-NTT (tuan rumah bersama) dan provinsi Kalimantan Selatan.

Check Also

[Video] Singkil BEREH : Kantor Camat terbaik ada di Singkil

[Video] Singkil BEREH : Kantor Camat terbaik ada di Singkil