Home / Berita Terbaru / Dyah Erti Idawati Temui Petani Bawang “Gampang” di Banda Mulia
Wakil Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati meninjau area pertanian bawang merah di Telaga Meuku Dua, Kecamatan, Banda Mulia, Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (21/10/2020).

Dyah Erti Idawati Temui Petani Bawang “Gampang” di Banda Mulia

Kuala Simpang – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati menemui para petani bawang merah terkait program Gerakan Aceh Mandiri Pangan (Gampang) di Telaga Meuku Dua, Kecamatan Banda Mulia, Aceh Tamiang, Rabu (21/10).

Kedatangan Dyah untuk melihat perkembangan pertanian bawang di kawasan itu dalam upaya kampanye ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Kawasan tersebut memiliki puluhan hektare lahan pertanian bawang merah yang tersebar di tiga Kecamatan, yakni di Kecamatan Banda Mulia, Seruway dan Rantau.

“Pemerintah selalu akan memberikan dukungan untuk kebangkitan sektor pertanian masyarakat,” kata Dyah yang turut didampingi Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Yunus.

Dyah juga memberikan semangat kepada para petani untuk terus berusaha meningkatkan hasil panen demi kesejahteraan ekonomi keluarga petani. Dyah berharap harga jual bawang akan stabil sehingga petani tidak merugi saat musim panen tiba.

“Kita berharap komoditas bawang merah ini dapat menambah penghasilan warga dan meningkatkan kesejahteraan para petani,” kata Dyah.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Yunus, pada kesempatan itu menjelaskan, pertanian bawang di kawasan itu merupakan terobosan baru yang dilakukan petani untuk mengisi kekosongan lahan persawahan.

“Dulunya petani di sini hanya mengandalkan sawah untuk menanam padi, tapi kemudian untuk mengisi kekosongan lahan pasca panen padi petani mencoba menanam bawang dan hasilnya cukup bagus,” kata Yunus.

Yunus menjelaskan, untuk Kecamatan Banda Mulia terdapat area lahan pertanian bawang dengan luas sekitar 25 Hektar yang masing-masing tersebar di Kampung Suka Mulia, Suka Jadi, Paya Rahat dan Kampung Telaga Meuku Dua.

Kunjungan Dyah ke Telaga Meuku Dua turut didampingi Anggota DPRA, Nora Idah Nita, serta unsur TP PKK Kabupaten Aceh Tamiang. []

Check Also

GOPTKI Miliki Peran Penting dalam Mencerdaskan Anak Bangsa

Banda Aceh–Kepengurusan organisasi GOPTKI atau Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia memiliki peran sangat penting …