Home / Aceh Tengah / Membangun Kesadaran Kaum Milenial lewat Karang Taruna
Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, memberikan sambutan pada pembukaan Bulan Bhakti Karang Taruna Se Aceh Tahun 2019, di Jamat Kamupaten Aceh Tengah, 31/03/2019.

Membangun Kesadaran Kaum Milenial lewat Karang Taruna

Humas Aceh | 31 Maret 2019

Aceh Tengah – Sebagai tempat bernaungnya kaum muda atau lebih populer dengan sebutan milenial, karang taruna cocok dijadikan wadah berbagi. Lewat Bulan Bhakti Karang Taruna, akan terbangun kesadaran dan kepedulian untuk saling berbagi dengan mereka yang berada di pedalaman Aceh.

Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, mengunjungi pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Aceh, dalam rangka bulan bhakti Karang Taruna Aceh tahun 2019, di Jamat Kabupaten Aceh Tengah, 31/3/2019.

Di tahun 2019, Karang Taruna dipusatkan di Kampung Reje Payung, Kemukiman Jaman, Kecamatan Linge, Aceh Tengah. Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, pada Minggu (31/3/2019).

“Alhamdulillah, tahun ini Dinas Sosial Aceh menggelar Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) di Kampung Reje Payung, sehingga kita dapat bersilaturrahmi dengan saudara-saudara kita di sini,” ujar Plt Gubernur.
Nova mengimbau para anggota karang taruna untuk melihat secara riil kondisi dan dinamika yang terjadi di wilayah pedalaman Aceh.
Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Plt Gubernur membawa serta belasan Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh.
“Ini adalah rombongan kunjungan kerja terbesar yang pernah saya bawa,” kata Nova. Ia membawa serta 18 Kepala SKPA. Usai melihat langsung kehidupan masyarakat di kawasan itu, nantinya, program secara terukur dan terencana akan ditindaklanjuti dan dirumuskan oleh seluruh dinas terkait.
Agenda Kunker Nova di Kemukiman Jamat
Menempuh perjalanan darat sepanjang 103 Km dari pusat kota Takengon, Plt Gubernur dan rombongan Tiba di kawasan Linge sekitar pukul 10.00 pagi. Rombongan langsung menuju ke kompleks Makam Raja Linge untuk berziarah dan meninjau salah satu situs sejarah Aceh itu.
Selanjutnya rombongan menuju ke Umah Pitu Ruang, Museum Umah Reje Linge Buntul Linge yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari komplek pemakama raja. Di lokasi ini, Plt disambut oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, serta didisambut dengan upacara adat tepung tawar atau peusijuek.
Sebelumnya, Plt Gubernur dan rombongan juga sempat meninjau lokasi Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau KTP El, yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh bekerjasama dengan Disdukcapil Aceh Tengah.
Selain perekaman KTP El, Disdukcapil juga melakukan pembuatan Kartu Keluarga dan berbagai dokumen kependudukan bagi penduduk rentan administrasi kependudukan.
Sebelum membuka secara resmi BBKT 2019, Plt Gubernur dan rombongan juga sempat meninjau lokasi Pelayanan Kesehatan Bergerak Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Aceh bekerjasama dengan Dinkes Aceh Tengah.
Selanjutnya, Plt Gubernur melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah Muhammad Aman Ramlan. Rumah layak huni untuk Aman Ramlan dibangun dengan dana yang bersumber dari sumbangan masyarakat yang dikumpulkan oleh pegiat media Sosial Edi Fadhil melalui program Cet Langet Rumoh yang ia gagas. Ini merupakan rumah ke 55.
“Ini merupakan rumah bantuan kelima yang dibangun dengan menggunakan dana sumbangan dari pegawai Bappeda Aceh pak,” ungkap Edi Fadhil kepada Plt Gubernur Aceh.

Check Also

Tari Didong dan Rapai Pase Hentak Plaza Balai Kota Bogor

BOGOR — Tari Didong dan Rapai Pase menghentak Plaza Balai Kota Bogor, Jawa Barat, pada …