Home / Berita Terbaru / Pasien Covid-19 yang Sembuh Bertambah 21 Orang, Semua Warga Kota Lhokseumawe
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani

Pasien Covid-19 yang Sembuh Bertambah 21 Orang, Semua Warga Kota Lhokseumawe

Banda Aceh—Pasien penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sembuh di Aceh Bertambah lagi sebanyak 21 orang dan semua warga Kota Lhokseumawe. Sementara itu, tiga kasus baru positif terinfeksi virus corona dari zona oranye, dan tidak ada korban yang meninggal dunia.

Hal tersebut dikemukakan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media di Banda Aceh, Rabu, 10/02/2021.

“Kebetulan 21 orang yang dinyatakan sembuh itu semuanya warga Kota Lhokseumawe,” tuturnya.

Ia melaporkan ada penambahan penderita baru Covid-19 di Aceh sebanyak tiga orang, yakni masing-masing satu orang warga Kota Banda Aceh, warga Kabupaten Aceh Besar, dan warga Kota Lhokseumawe.

Selanjutnya ia mengatakan jumlah kasus Covid-19 di tiga daerah tersebut bervariasi, yang paling banyak di Kota Banda Aceh. Jumlah akumulasi kasus Covid-19 Kota Banda Aceh saat ini sudah mencapai 2.821 orang, sembuh 2.212 orang, masih dalam masa perawatan 534 orang, dan 75 orang meninggal dunia.

Sementara itu, jumlah kasus akumulasi positif Covid-19 di Kabupaten  Aceh Besar sebanyak 1.599 orang, sudah sembuh sebanyak 1.292 orang, masih dirawat 250 orang, dan 57 orang meninggal dunia.

Sedangkan kasus akumulatif di Kota Lhokseumawe hingga saat ini tercatat sebanyak 427 orang. Penderita yang sudah sembuh sebanyak 314 orang, masih dalam perawatan sebanyak 97 orang, dan 16 orang telah meninggal dunia, urai SAG.

“Ketiga daerah ini merupakan zona oranye, zona risiko sedang peningkatan kasus infeksi virus corona dalam peta zonasi terakhir,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menghimbau semua pihak agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dan konsisten, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun. Kemudian, selain menghindari kerumunan, juga tidak membuat kerumunan seperti menggelar pesta perkawinan yang melibatkan banyak orang, sarannya.

Kasus Kumulatif

Lebih lanjut, seperti biasa, Jubir Covid-19 yang juga Jubir Pemerintah Aceh itu melaporkan kasus kumulatif Covid-19 di Aceh, sejak kasus pertama muncul pada 27 Maret 2020. Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara akumulatif sudah mencapai 9.373 orang.

Penderita Covid-19 yang masih dirawat di Aceh sebanyak 1.264 orang, yang sudah sembuh secara akumulatif sudah mencapai 7.731 orang, dan 378 orang dilaporkan meninggal dunia.

“Alhamdulillah, banyak yang sembuh, sedikit kasus baru, dan tidak ada yang dilaporkan meninggal dunia,” tambahnya.

Kemudian SAG merinci, kasus-kasus probable di Aceh yang secara akumulasi saat ini sudah sebanyak 667 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 19 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 582 sudah selesai isolasi, dan 66 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 6.518 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.248 orang sudah selesai masa isolasi, 216 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 54 orang isolasi di rumah sakit.[]

Check Also

Gubernur Aceh: Islam Larang Keras Monopoli

BANDA ACEH – Islam sangat melarang adanya praktik-praktik ekonomi yang tidak sehat, tidak kompetitif, termasuk …