Home / Berita Terbaru / Respon Cepat Bantuan Banjir Aceh Tamiang, Bupati: Terima Kasih Atas Empati dan Kepedulian Pemerintah Aceh
Tim BPBA saat menyerahkan bantuan logistik dari Pemerintah Aceh untuk korban terdampak bencana banjir di Aceh Tamiang, yang diterima secara simbolis oleh Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, di Posko Induk, Komplek Kantor Bupati Aceh Tamiang, Kamis (6/1/2022).

Respon Cepat Bantuan Banjir Aceh Tamiang, Bupati: Terima Kasih Atas Empati dan Kepedulian Pemerintah Aceh

KUALA SIMPANG – Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan pemerintah Aceh, untuk masyarakat terdampak bencana banjir di daerah itu. Pemerintah Aceh melalui BPBA, kata dia sungguh telah menunjukkan rasa empati, kepedulian dan tanggung jawab terhadap rakyat Aceh Tamiang.

“Bantuan logistik masa masa darurat ini, adalah merupakan ekspresi rasa kepedulian, dan empati Nova Iriansyah terhadap rakyat kami,” ujar Mursil dalam keterangannya di Aceh Tamiang, Kamis 6/1/2022.

“Pak Nova, Pak Ketua DPRA dan seluruh jajaran pemerintah Aceh yang telah menujukan rasa empati terhadap rakyat Aceh Tamiang yang sedang ditimpa musibah ini. Atas nama masyarakat Aceh Tamiang, saya menyampaikan salam hormat dan terimakasih yang tak terhingga,” lanjut Mursil.

Sebelumnya, Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menyatakan keprihatinannya dengan bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Tamiang. Nova mengatakan, dirinya mengikuti perkembangan serta setipa saat memantau situasi banjir yang melanda Aceh Tamiang dan kabupaten-kabupaten lainnya di Aceh.

“Saya telah perintahkan SKPA terkait untuk melakukan strategi adaptasi dan upaya mitigasi yang permanen guna mengurangi risiko banjir yang terjadi secara berulang – ulang. Lebih lanjut Nova Iriansyah mengatakan bahwa iklim telah berubah. “Kita harus mampu beradaptasi, kita harus lebih cerdas melakukan upaya-upaya mitigasi bencana. Tidak ada pilihan kecuali, kita jaga alam agar alam jaga kita,” ujar Nova Iriansyah.

Sesuai dengan norma standar pelayanan masa darurat bencana dan wujud tanggung jawab Pemerintah Aceh, Nova Iriansyah memerintahkan Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas untuk secepatnya memberi bantuan logistik masa darurat kepada seluruh kabupaten/kota yang sedang dilanda bencana yang telah ditetapkan status darurat. Nova juga meminta agar bantuan tersebut tidak ditumpuk dalam gudang, tapi sesegera mungkin disalurkan untuk masyarakat yang terdampak dan mengungsi.

BPBA kemudian mengantar dan melakukan serah terima logistik untuk masyarakat Aceh Tamiang yang terdampak bencana banjir. Bantuan logistik tersebut berupa Beras 5.000 Kg, Minyak Goreng 400 Liter, Mie Instan 500 Kardus, Gula Pasir 120 Kg, Air Mineral dalam kemasan 300 kardus dan Telur Ayam Buras 4.400 Butir. Serah terima logistik masa darurat untuk Aceh Tamiang dilakukan di Posko Induk Penanggulangan Bencana Banjir Aceh Tamiang – Komplek Kantor Bupati – dan ikut disaksikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Tamiang.

Ilyas berharap, bantuan itu agar secepatnya didistribusikan kepada masyarakat terdampak secara berkeadilan dan tepat sasaran, tanpa membeda-bedakan suku, ras dan agama.

Ilyas menyampaikan bahwa banjir yang melanda 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang sebagian mulai menunjukkan tanda-tanda surut. Laporan Tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Aceh Tamiang melalui PUSDALOPS PB BPBA disebut bahwa banjir secara berangsur-angsur mulai surut di Kecamatan Bandar Pusaka, Sekrak, Rantau dan Tenggulun. Sedangkan banjir yang masih belum memperlihatkan tanda-tanda surut yaitu di Kecamatan Tamiang Hulu, Karang Baru, Manyak Payed, Seruwai, Kejuruan Muda, Bendahara, Banda Mulia dan Kota Kuala Simpang.

“Semoga intensitas curah hujan dalam beberapa hari kedepan semakin normal, sehingga luapan Sungai Tamiang dapat surut dan banjir secara berangsur-angsur surut di seluruh kecamatan di Aceh Tamiang,” ujar Ilyas. []

Check Also

PPKM Mikro di Aceh Diperpanjang Hingga 6 Juni 2022

BANDA ACEH – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait pandemi Covid-19 di Aceh diperpanjang hingga …