Home / Berita Terbaru / Aksi Donor Darah dan Simulasi Pertolongan Kecelakaan Kerja, Menyemarakkan Apel Bulan K3 Nasional
Kadisnakermobduk Aceh, Akmil Husen, SE, M.Si, membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI saat memimpin Apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional ke-53 Tahun 2023 di Kantor Disnakermobduk Aceh, Banda Aceh, Kamis (9/2/2023).

Aksi Donor Darah dan Simulasi Pertolongan Kecelakaan Kerja, Menyemarakkan Apel Bulan K3 Nasional

BANDA ACEH – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh Akmil Husen, SE., M.Si, memimpin langsung apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional ke-53 Tahun 2023 di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Kamis (9/2/2023).

Bulan K3 Nasional merupakan hari yang diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan kepatutan K3 bagi seluruh pihak. Bulan K3 Nasional rutin diadakan setiap tahunnya dengan berpedoman pada Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No. 386 Tahun 2014.

Tema yang diterapkan pada Bulan K3 Nasional ke-53 Tahun 2023 adalah “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja” , setiap tahunnya tema yang diusung selalu berbeda dan mengikuti perkembangan terkini tentang keselamatan kerja.

Dalam sambutannya Kadisnakermobduk Aceh, Akmil Husen membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauzyah mengatakan Peringatan ini menjadi momentum mengingatkan kita akan pentingnya K3, guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Akmil juga mengajak seluruh perusahaan di Provinsi untuk tidak hanya menjaga keselamatan kerja para pekerjanya. Melainkan juga turut memperhatikan kesehatan pekerja utamanya dari penyakit Tuberkulosis (TBC).

Dalam hal ini K3 menjadi salah satu substansi yang menjadi pertimbangan dalam menetapkan pelaku usaha mempunyai tingkatan risiko dan berpengaruh terhadap perizinan berusaha.

“Berdasarkan data tersebut menjadi indikasi bahwa pelaksanaan K3 harus makin menjadi perhatian dan menjadi prioritas bagi dunia kerja di Indonesia,” ujarnya

Didampingi oleh Sekretaris Dinas, Kadisnakermobduk Aceh juga memberikan penghargaan Zero Accident (kecelakaan nihil) sebanyak 60 Perusahaan dan Penghargaan Penerapan Norma Kerja Perempuan Tahun 2023 sebanyak 30 Perusahaan di Provinsi Aceh.

Penghargaan Zero Accident (kecelakaan nihil) diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil mencegah terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja tanpa menghilangkan waktu kerja. sedangkan penghargaan penerapan norma kerja perempuan diberikan kepada perusahaan yang telah memastikan tidak ada nya diskriminasi terhadap perempuan di tempat kerja agar perempuan mendapatkan haknya baik hak ekonomi langsung seperti upah yang layak sesuai dengan kebutuhan hidup para pekerja dan jenjang karier maupun hak ekonomi tidak langsung seperti cuti haid, melahirkan dan menyusui.

Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan Erwin Ferdinansyah mengharapkan kepada perusahaan yang mendapatkan penghargaan Kecelakaan Nihil (zero accident) dan penghargaan penerapan norma perempuan di provinsi Aceh Tahun ini mudah-mudahan dapat mempertahankan.

Aksi simulasi teknik penanganan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja oleh Karyawan PT. Solusi Bangun Andalas, membuat acara ini berbeda dari peringatan Bulan K3 Nasional pada tahun-tahun yang lalu.

Dalam kegiatan Apel bulan K3 Nasional Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh jua di isi Donor Darah yang berkerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh dan berhasil mengumpulkan sebanyak 60 kantong darah.

Check Also

Pemerintah Aceh Komit Dorong Pemilihan Gubernur yang Demokratis

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh berkomitmen mendorong penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun …