Home / Berita Terbaru / Apresiasi Alumni Asrama Ponco untuk Plt Gubernur Aceh
Plt.Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, foto bersama dengan Alumni Asrama Sultan Iskandar Muda Aceh di Asrama Ponco Yogyakarta, Rabu, (24/6/2020).

Apresiasi Alumni Asrama Ponco untuk Plt Gubernur Aceh

Yogyakarta– Alumni Asrama Sultan Iskandar Muda Aceh di Yogyakarta menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, yang telah membantu menyelesaikan sengketa asrama yang juga dikenal dengan Asrama Ponco karena lokasinya yang berada di Jalan Poncowinatan.

“Kami dari Alumni Asrama ponco ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pak Nova Iriansyah karena telah membantu menyelesaikan kasus sengketa Asrama Ponco hingga selesai.” ujar Hifjir, Rabu, (24/06/2020).

Hifjir mengungkapkan, sebagai Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sangat fokus membantu penyelesaian sengketa Asrama Ponco yang telah berlangsung cukup lama. Tak berhenti di situ, Pemerintah Aceh juga memasukkan Asrama ini ke dalam daftar aset dan membantu renovasi.

“Sebagai Kepala Pemerintahan Aceh, Pak Nova sudah banyak membantu Asrama Ponco, mulai dari penyelesaian sengketa, memasukkan asrama kita ini ke dalam daftar aset Pemerintah Aceh. Bahkan, karena peran Pak Nova, saat ini Asrama Ponco mendapat kucuran dana untuk merenovasi gedung asrama tersebut,” sambung Hifjir.

Sebagaimana diketahui, Asrama Ponco beberapa kali digugat oleh Sultan Surya Jaya, pada tahun 2016. Sebelumnya, seorang perempuan bernama Inawati juga pernah menggugat gedung Asrama Ponco, pada tahun 2013.

Proses mediasi berjalan cukup panjang dan alot, hingga akhirnya berujung ke meja hijau. Lebih 20 persidangan berlangsung, hingga akhirnya Asrama Ponco diakui sebagai aset Pemerintah Aceh.

“Asrama Ponco digugat oleh Sultan Surya Jaya, bahkan kami tiap minggu ikut persidangan di pengadilan Negeri Yogyakarta dan ketika itu kami sangat sulit untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Alhamdulillah, saat Pak Nova menjadi Plt Gubernur Aceh status asrama ini sudah jelas. Semoga kedepannya tidak ada lagi Aset kita yang di ambil oleh pihak lain, karena banyak sekali aset Aceh di Pulau Jawa,” imbuh Hifjir.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum Setda Aceh Amrizal J Prang menjelaskan, pada kunjungan kerja ke Provinsi Yogyakarta, 17 Oktober 2018 lalu, Plt Gubernur Aceh sempat singgah dan bersilaturrahmi dengan mahasiswa asal Aceh di Asrama Ponco.

“Dalam pertemuan tersebut, Pak Nova berjanji akan membantu pembiayaan untuk merenovasi asrama mahasiswa Aceh yang ada di Yogyakarta. Bukan semata karena sesuai dengan program Aceh Carong dan Aceh Meuadab, namun Pak Nova menegaskan, bahwa Asrama Ponco merupakan martabat Aceh yang harus dilestarikan dan dipertahankan,” ujar Amrizal.

Amrizal mengungkapkan, Plt Gubernur Aceh tergerak untuk merenovasi Asrama Ponco seusai  meninjau kondisi asrama, kondisi kamar hingga kamar mandi di asrama. “Saat itu Pak Nova menyimpulkan, bahwa memang Asrama Ponco harus segera di renovasi karena kondisinya sudah tidak memungkinkan,” imbuh Amrizal.

“Alhamdulillah, saat ini Asrama Ponco sedang direnovasi. Semoga segera selesai dan bisa digunakan dengan baik, dan adik-adik kita yang tinggal di sana merasa nyaman. Dan jangan lupa, mari kita jaga bersama, baik gedung maupun kebersihannya, sesuai dengan Gerakan BEREH yang saat ini sedang kita galakkan di Aceh,” pungkas Amrizal.[]

Check Also

Dyah Erti Idawati Berdoa di Pusara Rangga

Idi – Wakil Ketua PKK Aceh Dyah Erti Idawati menziarahi makam almarhum Rangga Aqshal Mustaqim …