Home / Berita Terbaru / Asisten I Pimpin Upacara HKN 2022 di Aceh
Asisten I Sekda Aceh, Dr. M. Jafar, SH, M.Hum, saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2022, di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Senin (14/11/2022).

Asisten I Pimpin Upacara HKN 2022 di Aceh

BANDA ACEH – Asisten I Sekda Aceh, M. Jafar, memimpin langsung upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2022, di Pelataran Kantor Gubernur Aceh, Senin 14 November 2022.

Hadir dan ikut serta dalam upacara itu perwakilan Pangdam, Kapolda dan Kejati, para Kepala SKPA dan Kepala Biro di lingkungan Setda Aceh, Ketua DWP Aceh, para pegawai kesehatan dan mahasiswa kesehatan.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin dalam sambutan yang dibacakan oleh Jafar, mengatakan, HKN tahun 2022 digelar dengan mengangkat tema, “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku, membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat memasuki masa transisi”.

Hal ini merupakan tantangan tersendiri di bidang kesehatan, setelah fokus pada penanganan pandemi Covis-19, kini dihadapkan pada penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM). Pandemi mengajarkan bahwa tak ada satupun orang yang di dunia yang aman. Karena itu dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga, antisipatif, responsif dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan yang terjadi saat ini, maupun di masa yang akan datang.

Kementerian Kesehatan, kata Budi, menyusun langkah konkret, dengan melakukan transformasi sistem kesehatan yang fokus pada 6 pilar, yaitu layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM Kesehatan, teknologi kesehatan.

“Dengan kolaborasi profesional dari segala sektor, pandemi ini hampir kita lalui. Saat ini bersama dengan negara-negara lain, Indonesia sedang meningkatkan kapasitas global untuk pencegahan, persiapan dan respons terhadap pandemi di masa yang akan datang,” kata Budi.

Saat ini semua sektor menghadapi masa transisi dari Pandemi ke Endemi. Aturan Pemerintah dalam perihal melonggarkan pembatasan pandemi Covid-19, salah satunya dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan, atau di area terbuka yang tidak padat orang.

Belajar dari sejarah pandemi yang terjadi di dunia, transisi menuju endemi, dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari, bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga. Hal tersebut memerlukan edukasi dan penerapan secara bertahap.

Menkes berharap, melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini, menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat, sehingga Indonesia bisa Kembali Sehat dan Kembali Tumbuh.

Budi juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi- tingginya, kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor di pusat, dan daerah, serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu, berjuang tanpa mengenal lelah di semua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan, perjuangan untuk selamatkan bangsa dari pandemi Covid-19.

Selain itu, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat, untuk menjalani masa endemi dengan bijak serta mewujudkan Indonesia semakin sehat, dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat.

Serahkan Penghargaan Kepada Pelaku Kesehatan Terbaik tahun 2022

Asisten I Sekda Aceh, Dr. M. Jafar, SH, M.Hum, menyerahkan hadiah kepada tenaga kesehatan teladan puskesmas tingkat Provinsi Aceh di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Senin (14/11/2022).

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2022, Penjabat Gubernur Aceh juga menyerahkan penghargaan kepada mereka yang dinilai sebagai yang terbaik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Penghargaan yang diberikan di antaranya kepada Kader Pos Pelayanan Terpadu Teladan Provinsi Aceh tahun 2022, Tenaga Kesehatan Teladan (dokter, dokter gigi, bidan, perawat, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kefarmasian, tenaga kesling, tenaga gizi, tenaga ATLM), serta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kota terbaik Pelaksanaan Imunisasi Dasar Lengkap Tahun 2022.

Dinas Kesehatan yang memperoleh penghargaan yang diserahkan oleh Asisten I mewakili Pj Gubernur Aceh, adalah Dinas Kesehatan Kota Langsa, Dinas Kesehatan Bener Meriah dan Aceh Tengah. []

Check Also

Upah Minimum Provinsi Aceh Tahun 2023 Rp.3.413.66, Naik 7,8 Persen

Banda Aceh – Upah Minimum Provinsi (UMP) Aceh tahun 2023 naik sebesar 7,8 persen atau …