Home / Berita Terbaru / Asisten III Hadiri HUT TNI di Makodam Iskandar Muda
Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Dr. Iskandar AP, S.Sos, M.Si beserta pejabat terkait lainnya, saat mengikuti upacara peringatan HUT TNI ke-76 yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara, di Markas Kodam IM, Banda Aceh, Selasa, (5/10/2021).

Asisten III Hadiri HUT TNI di Makodam Iskandar Muda

BANDA ACEH – Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekda Aceh, Dr Iskandar AP menghadiri upacara peringatan HUT KE-76 TNI di Markas Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Selasa (05/10/2021). HUT TNI kali ini diperingati dengan sederhana sesuai protokol kesehatan Covid-19, dimana para peserta yang mengikuti upacara hanya dibatasi pejabat utama Makodam saja.

Di antara para peserta upacara yang hadir yakni Pangdam Iskandar Muda (IM), Mayjen TNI Achmad Marzuki, Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM, Danlanud, Danlanal, dan Rektor Universitas Syiah Kuala.

Sementara itu upacara HUT TNI dipimpin oleh Presiden Joko Widodo yang disiarkan secara virtual dari Istana Negara dengan diikuti Panglima TNI, para Kepala Staf TNI AD, AU, AL dan Kapolri.

Dalam arahannya Presiden menyebutkan, pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia seperti perang yang berkepanjangan. “Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus Covid-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, pikiran, mental dan semangat juang,” kata Presiden.

Pandemi Covid-19 lanjut Presiden telah mengajarkan Indonesia untuk bisa memanfaatkan dan bersinergi antarkementerian maupun lembaga serta pihak-pihak tertentu untuk memaksimalkan peran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Presiden juga mengapresiasi keterlibatan TNI dalam menanggulangi pandemi Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia. Keberhasilan dalam penanganan pandemi diakui tidak lepas dari peran besar TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, satuan, pemanfaatan IPTEK, termasuk Alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan dalam setiap tugas yang diberikan.

Sementara itu Upacara HUT TNI ini juga diisi dengan pameran kekuatan armada udara di mana enam belas pesawat tempur beratraksi di langit Istana Merdeka dengan disaksikan Presiden Jokowi, Wapres dan pejabat lainnya.

Helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja juga turut ambil bagian dengan menerbangkan bendera Merah Putih dari arah timur Monumen Nasional. Pesawat itu didampingi 3 Helikopter AH-64 E Apache Skadron-11/Serbu TNI AD.

Selanjutnya pertunjukan udara itu juga disusul Helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja dan tga Helikopter AS565 MBe Panther Skadron Udara 400 Wing II.

Kemudian enam pesawat tempur T-50i Golden Eagle dan 4 jet tempur Sukhoi SU-27/30p juga ikut ambil bagian dengan terbang melintasi langit Jakarta pagi itu.

Check Also

Pemerintah Aceh Tambah Tenaga Kontrak di Dayah Perbatasan Safinatussalamah Aceh Singkil

SINGKIL – Pemerintah Aceh kembali menambah 10 tenaga kontrak/non PNS di Dayah Perbatasan Safinatussalamah Desa …