Home / Berita Terbaru / Ayu Marzuki Buka Rakor Pokja III TP PKK Aceh
Penjabat Ketua TP-PKK Aceh, Ny. Ayu Marzuki, menjadi narasumber usai membuka Rapat Koordinasi Pokja III TP- PKK se-Aceh, di Hotel Rasamala, Banda Aceh, Senin, (29/5/2023).

Ayu Marzuki Buka Rakor Pokja III TP PKK Aceh

BANDA ACEH – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Ayu Candra Febiola Nazuar atau yang lebih dikenal Ayu Marzuki, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pokja III TP PKK Se Aceh, di Hotel Rasamala, Senin, 29 Mei 2023.

Ayu menyampaikan, gerakan PKK merupakan mitra pemerintah yang menjadi lokomotif gerakan pemberdayaan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat. Meliputi segala upaya bimbingan, pembinaan dan pemberdayaan agar keluarga dapat hidup sejahtera, maju dan mandiri.

Sebagaimana visi misi PKK yang fokus mendukung program Pemerintah dalam penguatan kesejahteraan rakyat, tidak hanya soal ekonomi, tapi juga menyentuh aspek lainnya, seperti: kesehatan, pemberdayaan keluarga, pendidikan anak sesuai yang tertuang dalam 10 Program Pokok PKK.

“Salah satu rencana induk Gerakan PKK tahun 2021-2024, visi Gerakan PKK adalah mewujudkan ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang, dan perumahan sehat dan layak huni dan telah melahirkan beberapa program terutama untuk ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan dengan gerakan AKU HATINYA PKK (Amalkan dan kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) yang dilaksanakan oleh Pokja III TP PKK,” terang Ayu.

Selain itu, ia mengungkapkan, pemanfaatan pekarangan juga dapat diintegrasikan dengan pengelolaan sampah rumah tangga yaitu dengan manfaatkan sampah organik menjadi kompos sebagai media untuk menanam tanaman. Mengingat 60 persen sampah organik yang diangkut ke TPA merupakan hasil dari rumah tangga, sehingga program ini juga akan mendukung realisasi program ini dapat mengurangi sampah sekaligus menjadikan lingkungan rumah menjadi sehat.

“Tentunya program-program yang telah kita rencanakan tidak akan terimplementasi dengan baik bila tidak ada koordinasi dari kita semua. Kami menyadari, bahwa kegiatan rakor ini hanya salah satu upaya yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan koordinasi Tim Penggerak PKK sampai ke tingkat gampong,” ujarnya.

Karena itu, ia berharap peran dari dinas dan instansi maupun mitra terkait untuk bisa berkoordinasi sama-sama serta partisipasi masyarakat untuk terlaksananya program PKK tersebut.

Check Also

Pemerintah Aceh Komit Dorong Pemilihan Gubernur yang Demokratis

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh berkomitmen mendorong penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun …