Home / Berita Terkini / Besok Sirene Tsunami Akan di Bunyikan, diharapkan Masyarakat Tidak Panik

Besok Sirene Tsunami Akan di Bunyikan, diharapkan Masyarakat Tidak Panik

Humas Aceh | 25 April 2017

Banda Aceh : Menindaklanjuti Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang di inisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) telah melakukan berbagai persiapan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 26 April 2017 diantaranya Rapat Koordinasi Internal BPBA dan Lintas Sektor di Tingkat Provinsi, Talkshow dengan RRI Banda Aceh dan sudah dijadwalkan Talkshow TVRI Aceh, Sosialisasi melalui Media Cetak, Massa dan Sarana Publikasi Pemerintah serta Surat Himbauan yang sampaikan sampai ke Gampong-Gampong dengan di Dukung Pemerintah Aceh, BMKG, Pemerintah Kota Banda Aceh, Pemerintah Kabupaten TNI/POLRI dan Instansi/Lembaga/Organisasi terkait Penanggulangan Bencana di tingkat Provinsi dan Nasional secara mandiri dan bergotong royong.

Pemerintah Aceh berkontribusi dalam Pelaksanaan Hari /kesiapsiagaan Bencana secara serentak seluruh Indonesia melalui latihan kesiapsiagaan dengan membunyikan Sirine yang berada di 6 (enam) titik di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar yaitu Kantor Gubernur Aceh, Khaju, Lampulo, Blang Oi, Lam Awe dan Lhoknga. Diiukti evakuasi secara mandiri oleh masyarakat dan uji Tempat Evakuasi Sementara yang telah dibangun oleh Pemerintah yaitu di Kota Banda Aceh yaitu Gedung Museum Tsunami Aceh, Escape Building Lambung, Escape Building Deah Tengoh, Escape building Deah Glumpang dan Escape Building TDMRC Unsyiah serta Escape Building Paya Thieng di Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan ini bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Kegiatan utama pada Hari Kesiapsiagaan Bencana adalah dilaksanakannya latihan atau simulasi serentak di seluruh wilayah Indonesia, seperti latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini, uji shelter, dan lain-lain. BPBA akan melaksanakan Geladi Hari Kesiapsiagaan Bencana pada tanggal 25 April 2017 pukul 10.00 WIB dalam rangka persiapan akhir personil maupun peralatan penanggulangan bencana yang awali dengan Apel Siaga di Kantor BPBA.

Harapan dari latihan ini untuk memberikan pengetahuan kepada kita mengenai di mana posisi kita, serta risiko apa yang ada di sekitar kita, lalu apa solusinya dalam merespon risiko bencana tersebut.

Kegiatan latihan evakuasi mandiri di Banda Aceh dan Aceh Besar akan dilaksanakan secara serentak secara mandiri oleh Stakeholder di sejumlah lokasi antara lain seperti Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan,Madrasah di lingkungan Kanwil Agama, Kantor Pemerintah Daerah dan Kawasan Permukiman Penduduk dan lain-lain dengan jumlah peserta sekitar 155.057 orang.

Khusus untuk Sirine Tsunami Aceh yang berada di Kota Banda aceh dan Aceh Besar adalah untuk membiasakan masyarakat mendengar suara sirine tsunami tersebut. Pada prakteknya nanti saat dilaksanakan simulasi hari kesiapsiagaan bencana, sirine tsunami akan dibunyikan dengan suara test diamana jangkauan suaranya radius sekitar 500 s/d 700 meter dengan durasi 2 menit, sementara apabila di bunyikan real sound maka sirine tsunami tersebut akan terdengar sampai radius sekitar 2 s/d 2,5 KM.

Diharapkan masyarakat tidak panik dan tetap tenang saat mendengar bunyi sirine tersebut. Ke depan Pemerintah Aceh melalui BPBA bekerjasama dengan BMKG akan membunyikan real sound sirine tsunami tersebut pada tanggal 26 tiap bulannya pukul 10.00 WIB karena pada tanggal dan jam tersebut dilaksanakan simulasi sirine secara rutin dan serentak seluruh Indonesia.

 

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH

KEPALA PELAKSANA

 

 

dto

(lr Yusmadi, MM)

Pembina Utama Muda

NIP. 19610103 198601 1 005

 

Check Also

Plt Gubernur Tinjau Asrama Mahasiswa Aceh di Sumedang

Sumedang – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meninjau asrama mahasiswa Aceh yang terletak di …