Home / Aceh Barat / Bunda PAUD Aceh Buka dan Jadi Pemateri FGD Mitra Pembangunan di BPMP Aceh
Bunda PAUD Aceh, Ny. Ayu Marzuki, saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Mitra Pembangunan, di BPMP Aceh, Aceh Besar, Jum'at (8/9/2023).

Bunda PAUD Aceh Buka dan Jadi Pemateri FGD Mitra Pembangunan di BPMP Aceh

Aceh Besar – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh Ayu Marzuki membuka Focus Group Discussion (FGD) Mitra Pembangunan yang digelar di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh, Jumat 8 September 2023. Ayu bersama Ketua Pokja Bunda PAUD Aceh Mellani Bustami, juga menjadi pembicara dalam acara itu.

Ayu Marzuki mengatakan, usia 0 hingga 8 tahun atau hingga kelas 2 SD merupakan usia PAUD di mana kita mengenal istilah golden age atau usia emas. Pada usia itulah kesempatan orang tua untuk memberikan didikan terbaik dan nilai-nilai moral kepada anak.

“Tentu sangat dibutuhkan peran orang tua untuk memberikan pendidikan bagi anak di rumah dan Pendidikan oleh satuan pendidikan di sekolah PAUD serta SD pada kelas-kelas awal agar anak-anak mendapatkan sesuatu yang istimewa di usia emas itu,” kata Ayu Marzuki.

Ayu Marzuki juga menyinggung soal stunting. Di mana stunting juga sangat berkaitan dengan usia emas. Karena itu Ayu mengajak orang tua di samping memberikan ilmu yang baik juga asupan yang sehat bagi anak.

Selain itu, Ayu Marzuki mengatakan hal lain yang harus diperhatikan adalah kehadiran Ayah pada pendidikan anak usia PAUD. Kehadiran Ayah sangat penting dan sangat efektif demi tumbuh kembang anak. “Tidak ada pemberian yang lebih berharga dari Ayah kepada anaknya daripada pemberian budi pekerti yang baik (pendidikan),” kata Ayu Marzuki mengutip salah satu hadis nabi.

Ayu juga mengajak para orang tua dan guru-guru anak usia PAUD untuk memberikan nasihat-nasihat tentang sesuatu yang ia sebut program pendidikan kehormatan. Di mana anak harus dikenalkan apa-apa yang boleh disentuh dan tidak dan bagaimana menjaga diri. “Ajarkan dengan bahasa yang santun dan penuh perhatian sehingga mereka mengerti.” Hal itu lanjut Ayu, penting bagi anak sehingga mereka terhindar dari kekerasan seksual. []

Check Also

Pemerintah Aceh Komit Dorong Pemilihan Gubernur yang Demokratis

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh berkomitmen mendorong penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun …