Home / Berita Terbaru / Darwati: Bersama kita Bisa
Ketua Dekranasda dan Ketua TP PKK Aceh, Darwati A. Gani Melantik Ketua Dekranasda dan Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Singkil, Atmah di Gedung DPRK Kabupaten Aceh Singkil, 21/7/2017.

Darwati: Bersama kita Bisa

Humas Aceh | 21 Juli 2017

Aceh Singkil – Kolaborasi dari ketegasan kaum pria dengan kelembutan sentuhan kaum perempuan akan menjadi salah satu faktor pendorong pembangunan di suatu daerah. Hal tersebut disampaikan oleh Darwati A Gani selaku Ketua TAPI PKK dan Ketua Dekranasda Aceh, usai melantik Ketua Tim penggerak PKK sekaligus merangkap Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Singkil, masa bakti 2017-2022, Jum’at (21/7/2017).

Ketua Dekranasda dan Ketua TP PKK Aceh, Darwati A. Gani, memberikan cenderamata kepada Hj. Habibatusania, mantan Ketua PKK sebelumnya pada Serah terima Ketua PKK dan Dekranasda Kabupaten Aceh Singkil, Jum’at (21/7/2017).

“Insya Allah, bersama kita bisa. Setiap kita harus mengambil peran sesuai dengan kemampuan masing-masing,” kata Darwati

Bukan tanpa alasan, ungkapan tersebut dikemukakan Darwati terkait dengan permasalahan kesejahteraan rakyat yang dihadapi Aceh, termasuk di Kabupaten Aceh Singkil. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sebanyak 17 persen masyarakat Aceh Singkil hidup dalam belenggu kemiskinan. Kondisi ini diperparah lagi dengan bencana banjir yang kerap melanda sejumlah kawasan di daerah ini sehingga membuat aktivitas ekonomi masyarakat sering terganggu.

Inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Daerah dalam menjalankan program kesejahteraan rakyat, Namun sebagaimana kita ketahui, Pemerintah biasanya cenderung fokus pada program yang menyentuh aspek-aspek yang lebih luas. Sementara aspek pembinaan keluarga kerap terabaikan.

“Di sinilah dibutuhkan keterlibatan PKK untuk menjalankan program-program berkaitan dengan pembinaan keluarga. Hal itu sejalan pula dengan keberadaan Dekranasda yang program-progamnya turut mendukung penguatan ekonomi masyarakat. itu sebabnya Ketua PKK di daerah juga mengemban amanah sebagai Ketua Dekranasda. Dengan mensinergikan peran dua lembaga ini, maka upaya peningkatan kesejahteraan keluarga diharapkan dapat berjalan lebih optimal,” kata Darwati.

Pesan Darwati Untuk PKK dan Dekranasda Aceh Singkil

Dalam kesempatan tersebut, Darwati selaku Ketua PKK dan Ketua Dekranasda Aceh, turut menyampaikan beberapa pesan kepada Ketua PKK dan Ketua Dekranasda Aceh Singkil, di antaranya menghimbau agar bekerja lebih keras dalam memasyarakatkan program PKK dan Dekranasda sebagai gerakan dari arus bawah, agar masyarakat tahu keberadaan, tujuan dan program organisasi ini.

“Untuk itu, Ibu Atmah harus lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya mereka yang ada di pedesaan. Resapi dan sentuhlah perasaan mereka dengan insting seorang ibu. Dengan sentuhan itu, niscaya kita akan dapat menyusun program pembinaan keluarga yang sesuai harapan rakyat,” imbuh Darwati.

Darwati juga berpesan agar para pengurus semakin giat membangun citra positif Gerakan PKK dan Dekranasda guna membangkitkan kepercayaan dari Pemerintah daerah, mitra kerja, maupun pemangku kebijakan lainnya. “Bangun kerjasama dengan organisasi perempuan lainnya sehingga program pemberdayaan dan pembinaan keluarga berjalan berkesinambungan.”

Selanjutnya, Darwati berpesan agar para pengurus untuk terus meningkatkan langkah pembinaan dan pelatihan bagi usaha kerajinan rakyat di daerah ini. “Apalagi kita tahu, wilayah Aceh Singkil ini memiliki hasil kerajinan khas daerah yang berpotensi dipromosikan di tingkat nasional, seperti kerajinan sulaman manik, dan berbagai jenis kuliner laut. Semaksimal mungkin kita perlu mengembangkan usaha tersebut agar dapat mendukung pendapatan keluarga.”

Selain itu, penguatan pendidikan anak-anak juga menjadi hal yang digarisbawahi oleh Darwati. “Anak-anak adalah generasi penerus yang harus mendapatkan perhatian ekstra, agar kita dapat membentengi kehidupan mereka dari pengaruh luar melalui pendidikan Islam, kegiatan mengaji, dan penguatan aqidah lainnya.”

Terakhir, Darwati berharap kepada Bupati dan Bapak Wakil Bupati, untuk mendukung program-program PKK dan Dekranasda di Singkil. Dengan dukungan Pemkab, Darwati meyakini, PKK dan Dekranasda dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan pembangunan.

“Saya berharap ada kebijaksanaan dari Bapak Bupati agar sedikit mengalokasikan dana yang bisa digunakan untuk simpan pinjam bagi kaum ibu serta untuk membantu program Posyandu dan kegiatan usaha kecil lainya yang digagas kaum Ibu,” sambung Darwati.

“Terakhir, saya sampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Hajjah Habibatussaniah atas pengabdiannya menjalankan berbagai kegiatan bersama PKK dan Dekranasda Aceh Singkil selama lima tahun terakhir. Dan, kepada Ibu Atmah Binti Parman, kami ucapkan selamat bekerja. Bangunlah tim yang kompak untuk dapat menjalankan program yang tepat sasaran, sehingga kita dapat mengatasi semua tantangan yang menghadang,” pungkas Darwati A Gani.

Check Also

Plt. Gubernur Aceh Serahkan Penghargaan kepada Istri Almarhum Dokter Imay Indra

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyerahkan penghargaan kepada Suhartuti, Istri Almarhum …