Home / Berita Terkini / Dewan Energi Nasional Usul Pembentukan PLN Regional

Dewan Energi Nasional Usul Pembentukan PLN Regional

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Rinaldy Dalimi mengatakan salah satu cara untuk mempercepat pembangunan listrik nasional adalah dengan melakukan regionalisasi terhadap PT PLN (Persero). Cara tersebut menurutnya akan mempermudah pemerintah dalam mengejar target pembangunan proyek listrik 35 ribu megawatt (MW).

DEN menurut Rinaldy telah mengusulkan hal tersebut ke pemerintah sejak lama, sejak 2009.

“Repons pemerintah saat itu saya rasa positif. Saya dengar PLN sudah mulai memikirkan bagaimana membuat regionalisasi itu. Saya dengar mereka sedang menyusun itu,” kata Rinaldy saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Minggu (30/8).

Senada dengan Rinaldy, Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia Sudirman Said mengatakan pemerintah sudah mendiskusikan hal tersebut. Ia juga mengatakan saat ini PLN juga sedang mengarah pada regionalisasi tersebut.

“Kami sudah mendapat penjelasan bahwa PLN juga arahnya memang mau ke sana. PLN regional akan fokus pada sistem operasi dan pelayanan. Sementara di korporat fokus pada pengembangan, insvestasi, pembangunan pembangkit baru, transmisi baru, akan seperti itu,” ujar Sudirman di tempat yang sama.

Sudirman mengatakan hal ini dilakukan untuk memperkuat struktur PLN supaya bisa menanggung beban pembangunan listrik di masa mendatang. Ia pun yakin kalau regionalisasi ini dimulai, pembangunan akan lebih besar dan efektif.

“Bayangkan saja kalau sekarang PLN mengoperasikan kapasitas 53 ribu MW, lima tahun lagi akan menjadi 100 ribuan MW. Akan menjadi dua kali lipat. Kekuatan manajemennya dibutuhkan dua kali lipat,” kata dia. [www.cnnindonesia.com]

Check Also

Definisi Kasus Covid-19 Disesuaikan, Penderita Baru 175 Orang

Banda Aceh—Istilah Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG), …