Home / Berita Terbaru / Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Capai 4.606 Kantong
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, S.STP, MM

Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Capai 4.606 Kantong

Banda Aceh – Donor darah Aparatur Sipil Negara ASN Pemerintah Aceh masih terus berlanjut. Hari ini, sebanyak 69 kantong darah berhasil dikumpulkan oleh Unit Transfusi Darah Kota Banda Aceh, dari 4 Satuan Kerja Perangkat Aceh, yaitu Inspektorat Aceh, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Badan Penanggulangan Bencana Aceh.

Penjelasan tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, usai menerima data terkini terkait aksi donor darah ASN Pemerintah Aceh dari Kepala UTD PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni, Selasa (15/9/2020)

“Aksi donor darah ASN Pemerintah Aceh hari ini mengumpulkan sebanyak 69 kantong. Jika diakumulasi dengan jumlah kemarin sebanyak 4.537 kantong, maka darah yang telah dikumpulkan hingga saat ini telah mencapai 4.606 kantong,” ujar karo Humpro.

Iswanto menambahkan, 69 kantong darah yang terkumpul hari ini terdiri atas darah golongan A sebanyak 17 kantong, golongan B sebanyak 21 kantong, golongan AB sebanyak 8 kantong dan golongan AB sebanyak 23 kantong.

“Kita bersyukur hari ini kantong darah dari saudara-saudara kita ASN Pemerintah Aceh terus bertambah. Kami tentu berharap gerakan kecil ini mampu menginspirasi masyarakat untuk turut mendonorkan darahnya secara rutin agar kebutuhan darah di Aceh dapat teratasi dan masyarakat yang membutuhkan akan mendapatkan kebutuhan darah dengan mudah,” kata Iswanto.

Sebagaimana diketahui, sambung Iswanto, aksi donor darah ASN yang di inisiasi oleh Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah ini, telah ditetapkan sebagai agenda tetap seluruh di seluruh SKPA dengan sistem donor bergilir.

Iswanto menjelaskan, program yang dikawal langsung Sekretaris Daerah Aceh ini, diinisiasi sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam membantu memenuhi kebutuhan darah PMI Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

“Selama ini kebutuhan darah kita cenderung kurang, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Kami tentu berharap aksi sukarela seluruh ASN Pemerintah Aceh ini akan menggugah seluruh elemen untuk turut berdonor darah, karena selain menjadi amal, donor darah juga akan membantu menyehatkan tubuh,” pungkas Muhammad Iswanto.[]

Check Also

Plt. Gubernur Aceh Dukung Pencanangan Zona Integritas BPS

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan mendukung pencanangan zona integritas yang …