Home / LINTAS ACEH / Doto Zaini Tinjau Sejumlah Proyek di Calang

Doto Zaini Tinjau Sejumlah Proyek di Calang

Banda Aceh|09/09/2014

Pembangunan jalan tembus Lamno Kabupaten Aceh Jaya menuju Jantho, Aceh Besar terus dipacu. Saat ini dari segi progressnya sudah mencapai 20, 3 persen. Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah, yang meninjau ke lokasi pembukaan ruas jalan itu, turut memberikan apresiasi terhadap kinerja rekanan.

“Bagus, tingkatkan terus pekerjaannya, kualitas juga penting sekali dijaga,” ujar Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah, di Calang, (9/9/2014).

Pembukaan ruas jalan APBA itu diprogramkan sebagai alternatif, jika sewaktu-waktu rute Lamno-Banda Aceh, terganggu akibat bencana alam seperti longsor dll. Dikatakan Zaini, selain mempersingkat jarak tempuh, keberadaan proyek ini juga akan membantu mempercepat perkembangan infrastruktur dasar yang berada di lintasan jalan tembus tersebut.

Gubernur Zaini menambahkan, pembangunan ruas jalan elak tersebut masuk dalam 14 ruas program prioritas jalan tembus lintas tengah.

“Ini salah satu prioritas Pemerintah Aceh. Ini akan berdampak langsung pada munculnya daerah sentra produksi yang baru. Disini nantinya akan tumbuh daerah perkebunan dan areal pertanian tanaman pangan dan lain-lainnya. Galakkan terus tanaman, termasuk durian,” pungkas Zaini Abdullah, disambut tawa sejumlah tokoh masyarakat setempat, yang hadir mengikuti kunker Gubernur.

Mendampingi Gubernur, Kepala P2K APBA, Taqwallah menjelaskan, pembangunan jalan tembus itu dibangun dengan sumber dana APBA 2014, dengan total anggaran Rp. 38,9 Milyar dan dikerjakan oleh PT. Usaha Sejahtera Manikam. “Proyek integrasi ini dimulai sejak 7 Juli lalu, dan progres saat ini sudah 20,13 persen atau plus 2 persen dari yang ditetapkan. Targetnya bulan November ini sudah bisa di aspal,” tukasnya.

Tanam Pohon di Puskesmas Lageun

Gubernur Zaini Abdullah mengajak lapisan aparatur negara untuk menggalakkan penghijauan lingkungan, melestarikan alam dan menanam pohon di lingkungan kantor/instansi pemerintah. “Apalagi menanam pohon di Puskesmas, bagus sekali. Upayakan ya seluruh Puskesmas di Aceh Jaya lingkungannya rindang,” pinta Zaini Abdullah. Ajakan tersebut disampaikan Gubernur didepan sejumlah tenaga medis, saat melakukan penanaman pohon secara simbolis di Puskesmas Lageun, Kec Setia Bakti, Aceh Jaya.

Menurut Doto Zaini, pohon memiliki peranan penting dalam kehidupan. Selain mampu menyerap CO2 serta menghasilkan oksigen, pohon juga berfungsi sebagai penahan serta peresapan air. “Lingkungan juga pasti tampak indah kalau ada pepohonan,” pungkasnya.

Kadinkes Aceh Jaya Suwarni berkomitmen, pihaknya akan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan bersahaja. ” dan berupaya untuk memperbaiki mutu pelayanan, baik fasilitas fisik serta SDMnya,” kata Suwarni. Ia juga merincikan, saat ini Aceh jaya terdapat 10 Puskesmas dan I RSUD. Sarana kesehatan lainnya, tambah Suwarni antaralain 29 Pustu dan 122 Poskesdes/Polindes.

 

Gelar rapat evaluasi proyek Pembangunan Aceh Jaya

Dalam pertemuan di aula kantor Bupati Aceh Jaya, Gubernur meminta Bupati dan jajarannya untuk fokus pada percepatan pembangunan proyek otsus yang jumlahnya berkisar 152,47 Miliar.

“Waktunya tinggal sedikit lagi, ini harus terus dipacu, semua pihak harus bekerja keras untuk ini. Dan ingat, kualited juga harus menjadi perhatian utama. Jadi, proyek harus bisa selesai tepat waktu dan berkualitas,” tegas Gubernur, didepan sejumlah kepala SKPD dan jajaran Muspida plus Aceh Jaya. “Kunjungan ini adalah stimulus, agar semua program benar-benar dijalankan dengan baik,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Doto Zaini juga menyinggung indahnya panorama alam Aceh Jaya, termasuk lingkungan dan desain kediaman resmi Bupati Azhar Abdurrahman.

“Pendoponya bagus, ornamen ke-Acehan-nya terlihat sangat mendominasi. Indah dan sangat kreatif, kita berharap Aceh Jaya terus berjaya,” kata Zaini Abdullah, disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara, Bupati Aceh Jaya Ir Azhar Abdurrahman, optimis pekerjaan sejumlah proyek diwilayahnya selesai tepat waktu.

“Kinerja fisik memang masih lamban, pak Gubernur. Ini kendala dari kesiapan panitia di tahap awal dulu. Beberapa dinas juga terkendala dalam negosiasi lokasi pembangunan, hingga butuh waktu dalam menyesuaikan harga lahan. Kedepan kami akan terus mengevaluasi ini,”tekat Azhar Abdurrahman.

“Untuk proyek yang capaiannya masih dibawah  target yang ditetapkan, kami akan monitor terus untuk percepatannya,” imbuh Bupati.

Adapun proyek yang ditinjau Gubernur Zaini Abdullah di Aceh Jaya, adalah Pembangunan Pos Damkar, kemudian Pembangunan Gedung Aneka kejuruan, selanjutnya pembangunan gudang logistic, lanjutan pembangunan jetty Kuala Rigaih, proyek lanjutan pembangunan Rest area rigaih Setia Bakti, pembangunan pusat promosi prosuk UMKM dan pembangunan pasar kuliner Aceh Jaya.

Seperti dijadwalkan, Zaini Abdullah akan kembali “menyisir” sejumlah proyek pembangunan se-Aceh yang bersumber dari APBA dan Otsus 2014. Zaini Abdullah yang didampingi Kepala P2K-APBA Taqwallah, akan mengelilingi Aceh sampai Rabu (24/9/2014) mendatang, dengan mengikutsertakan juga sejumlah pimpinan lembaga SKPA, Antara lain, Dinas Cipta Karya, Dinas Bina Marga, BPBA, Dinas Perkebunan, Disbudpar, Disnaker Mobduk, Dishub Komintel, Dinas Kelautan dan Perikanan, Disnak Keswan, dan Dinas Keuangan Aceh.

Kunker ini fokus memonitor untuk memacu dan percepatan kinerja. Gubernur Zaini Abdullah juga akan mencermati hambatan di lapangan dan mencari solusi untuk tindakan percepatan. ini seiring sisa waktu yang sangat terbatas pada 2014 ini.

Dari Aceh Jaya, rute Gubernur melanjutkan perjalanan ke Aceh Barat dan bermalam di Meulaboh. Esoknya atau hari kedua, Rabu (10/9) lokasi yang akan dikunjungi ‘Aceh 1” itu, meliputi Nagan Raya, dan selanjutnya Aceh Tengah.  Kemudian pada hari ketiga atau kamis (11/9) Doto Zaini akan meninjau penyelesaian dan progress pekerjaan sejumlah proyek di Dataran Tinggi Bener Meriah. Sedangkan untuk wilayah Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Lhokseumawe dan Aceh Utara akan di scedul ulang.

Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, sejak 31 Agustus lalu, Wakil Gubernur Muzakir Manaf juga “turun ke lapangan” dengan serangkaian agenda yang sama. Kunker Wagub dimulai dari “titik nol” kota Sabang, kemudian ‘berlayar’ ke Simeulue, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Subulussalam. Wagub Muzakir Manaf juga meninjau sejumlah proyek di Gayo Lues, Aceh Timur, Langsa dan berakhir sampai ke Aceh Tamiang, pada Sabtu, 6 September 2014, kemarin. []

Check Also

Kadin Aceh Dukung Upaya Pencegahan Korupsi di Aceh

BANDA ACEH – Kalangan dunia usaha di Aceh, siap mendukung berbagai langkah dan upaya Pemerintah …