Home / Berita Terbaru / Gubernur Aceh Ikuti PTIJK Virtual Bersama Presiden Jokowi
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Kepala OJK Aceh, Direktur Utama Bank Aceh Syariah dan SKPA terkait mengikuti pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2022 yang dihadiri Presiden RI, Joko Widodo secara virtual di Meuligoe Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis (20/1/2022).

Gubernur Aceh Ikuti PTIJK Virtual Bersama Presiden Jokowi

Banda Aceh – Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengikuti Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2022 secara virtual dari Pendopo Gubernur, Kamis 20 Januari 2022. Pertemuan yang juga diikuti Presiden Joko Widodo itu digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan pesertanya para pimpinan kementerian/lembaga negara, kepala daerah, serta pemangku kebijakan strategis lainnya.

Gubernur Nova dalam kegiatan itu turut didampingi Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh, Yusri dan Kepala Biro Ekonomi Setda Aceh, Amirullah.

PTIJK 2022 merupakan acara tahunan OJK sebagai sarana penyampaian arah kebijakan OJK kepada Industri Jasa Keuangan, serta sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi kinerja OJK kepada publik.

Tahun ini kegiatan itu mengusung tema “Penguatan Sektor Jasa Keuangan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Penciptaan Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru.

Presiden Jokowi dalam arahannya yang disampaikan secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, menyebutkan pemerintah berharap industri jasa keuangan mendukung akselerasi pemulihan ekonomi nasional (PEN) serta menyukseskan agenda reformasi struktural.

Pemerintah, kata Presiden, akan terus memacu pembangunan infrastruktur dan dilanjutkan dengan reformasi di bidang manufaktur, dan industri, hilirisasi mineral, dan meningkatkan ekspor barang-barang olahan.

Presiden juga menyebutkan, pembangunan kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus akan terus ditambah dan ditingkatkan. Hal itu diharap menjadi sumber pertumbuhan baru dalam meningkatkan ekspor manufaktur dan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia.

“Kebijakan reformasi struktural akan terus kita lanjutkan dengan berfokus pada pembangunan ekonomi berbasis enviromental, social ,dan governance, serta terus mendorong transformasi teknologi dan digitalisasi dalam upaya mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” kata Presiden.

Selain itu, Presiden juga mengatakan instrumen kebijakan dan pengawasan dari OJK harus mampu mencegah meluasnya dampak pandemi Covid-19 terhadap ekonomi dan sektor keuangan.

Presiden juga berharap instrumen dari OJK mampu menguatkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah, serta sektor informal agar mampu bertahan di tengah pandemi. []

Check Also

PPKM Mikro di Aceh Diperpanjang Hingga 6 Juni 2022

BANDA ACEH – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait pandemi Covid-19 di Aceh diperpanjang hingga …