Home / Even Pemerintah Aceh / Gubernur Hadiri CMGF Meeting

Gubernur Hadiri CMGF Meeting

Banda Aceh |09/13/2014|

LOGO-HUMASs1

Banda Aceh[Humas Aceh}– Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah menghadiri Chief Ministers and Governors Forum (CMGF) Meeting di Hermes Palace Hotel. CMGF merupakan bagian dari pertemuan tiga Negara yang dikenal dengan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) yang telah berlangsung sejak 11 September hingga besok (14/9).

Forum ekonomi antar tiga Negara ini diahadiri oleh para pihak terkait dan pelaku ekonomi. Usai pertemuan, Gubernur didampingi oleh Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh, Iskandar  menyempatkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan dari awak media terkait hasil pertemuan di forum CMGF, Sabtu (13/9/2014).

“Ada beberapa hal yang kita bicarakan dalam pertemuan tadi, diantaranya mengenai hubungan udara antar ketiga Negara ini,” terang Gubernur.

Sementara itu, Kepala Badan Investasi dan Promosi menambahkan, dalam kegiatan ini, Gubernur Aceh bertindak sebagai pimpinan delegasi Indonesia dan merupakan Host dari kegiatan ini.

“Hari ini, gubernur telah menyampaikan inisiasi baru, diantaranya Aceh-Andaman Cluster. Andaman Cluster ini terdiri atas lima provinsi yang ada di tiga negara forum IMT-GT, yang dipimpin oleh Gubernur Phuket, yang juga merupakan ketua delegasi Thailand.

Iskandar juga menjelaskan, dalam pertemuan tersebut juga dilakukan evaluasi terhadap beberapa project  yang telah dan belum berjalan. Saat ini Aceh juga masuk kedalam PCP (Priority Conectivity Project-red).

“Saat ini sudah project sudah mulai berjalan. Langkah selanjuutnya gubernur akan membuat suatu agreement yang lebih nyata antara Andaman Cluster dan Aceh. Kita telah membuat kerja sama antara Aceh dengan Penang. Untuk itu, hal yang harus kita perhatikan adalahmembuat Public Private Partnership, baik udara maupun laut, untuk menghubungkan antara Banda Aceh, Sabang, Phuket hingga ke Langkawi.”

Hubungan ini sangat penting dalam rangka memangkas jarak dan waktu yang begitu lama, padahal Andaman merupakan wilayah yang sangat dekat dengan Aceh.

“Selama ini Garuda (Garuda Indonesia Airways-red) telah menyampaikan kesediaannya untuk membuka rute Medan-Sabang. Nah tinggal kemudian pemerintah memikirkan subsidi yang harus diberikan untuk tiket tersebut,” terang Iskandar.

Saat ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung telah tiba di Banda Aceh. Pria yang akrab disapa CT itu, tiba di Banda Aceh sekitar pukul 13:40 WIB. Si “Anak Singkong” dijadwalkan akan memimpin konferensi IMT-GT, besok.

Sementara itu, usai menyantap makan siang, para peserta yang merupakan delegasi dari ketiga Negara peserta pertemuan IMT-GT serta pelaku bisnis, melakukan kunjungan ke beberapa situs tsunami (site visit) yang ada di Kota Banda Aceh. Hingga berita ini diturunkan Menko Perekonomian sedang memimpin pertemuan tertutup dengan para perwakilan delegasi negara-negara peserta forum IMT-GT.

 

Check Also

Pemerintah Aceh Peringati Hut Korpri Ke-48

Banda Aceh – Pemerintah Aceh menggelar upacara Peringatan HUT ke 48 KORPRI (Korps Pegawai Republik …