Home / Berita Terkini / Gubernur Kunjungi Pabrik Ikan Abecho Shoten di Jepang

Gubernur Kunjungi Pabrik Ikan Abecho Shoten di Jepang

Humas Aceh | 11 Maret 2016

Gubernur Aceh, dr H. Zaini Abdullah, pagi tadi menyempatkan diri berkunjung ke Pabrik Pengolah Ikan Abecho Shoten.co.LTD yang terletak di kawasan Kesennuma, Jepang, Jum’at (11/3).

Kota Kesennuma berada di Prefecture (Provinsi) Miyagi, Jepang. Kawasan ini tercatat sebagai salah satu kota yang paling parah dilanda gempa dan tsunami pada 11 Maret 2011 lalu.

Pabrik Abenso Shoten juga ikut mengalami dampak langsung dari keganasan bencana alam tersebut. Industri perolahan perikanan terbesar di Miyagi itu pun kolaps. Namun tiga tahun kemudian, Abecho Shoten bangkit dan kembali beroperasi hingga saat ini.

Gubernur Zaini Abdullah, saat berkunjung ke Pabrik Abecho Shoten turut didampingi istrinya, Hj Niazah A Hamid, Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal dan Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh, Ir Anwar Muhammad.

Rombongan Gubernur Aceh diterima langsung oleh pimpinan perusahaan, Yasuhiro Abe dan Public Relation, Takeshi Kamada.

Doto Zaini mengaku, terkesan dengan pihak manajemen industri pengolah ikan di negeri Sakura itu. Zaini Abdullah juga menyempatkan diri mengamati proses pengolahan primer ikan kuning (yellowtail), dalam merespon kebutuhan pelanggan lokal dan pangsa ekspor. Hingga kini, Jepang masih menempati urutan 2 besar di dunia (setelah RRC) dalam tonase penangkapan ikan. Negeri Matahari Terbit itu juga tercatat salah satu Negara yang memiliki armada perikanan terbesar didunia.

Dalam kunjungan ke pabrik yang megah itu, Gubernur juga menggelar pertemuan singkat yang diakhir dengan foto bersama dengan puluhan karyawan Perusahaan Abecho, yang mayoritas berwarga Negara Indonesia. Mereka adalah tenaga skill (TKI) yang sejak dua tahun lalu, didatangkan dari berbagai provinsi di nusantara ini.

Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah dan rombongan, sejak 8 Maret lalu berada di Jepang dalam rangka memenuhi undangan Panitia Peringatan Bencana Tsunami Jepang yang peringatannya dipusatkan di Kota Sendai, Jepang.

Diantara agenda lawatannya ke Jepang, Gubernur Zaini juga melakukan pertemuan dengan Wali Kota Kesennuma, Shigeru Sugawara yang dirangkai dengan jamuan makan malam bersama pengurus teras Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jepang. Jamuan makan malam yang berlangsung hangat itu digelar di Plaza Hotel Baycrystal, Jepang.

Sebelumnya, pada Rabu (8/3), Gubernur Zaini juga bertemu Ketua Parlemen Jepang, Nikai Tashiro dan Wakil Menteri Hitoshi Kikawada di Tokyo, Jepang. Dalam pertemuan yang berlangsung lebih dari satu jam itu, Doto Zaini turut menawarkan kerjasama dibidang kesehatan, terutama kursus dokter spesialis jantung. Gubernur Zaini juga berharap kerjasama disektor ketenagakerjaan terjalin dengan baik khususnya terkait penambahan quota magang pekerja Aceh di Jepang. []

Check Also

Ketahanan Pangan Fondasi Utama Pencegahan Stunting

Banda Aceh – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, mengatakan bahwa ketahanan …