Home / Berita Terkini / Gubernur: Mari Wujudkan Aceh yang Mandiri Energi

Gubernur: Mari Wujudkan Aceh yang Mandiri Energi

Banda Aceh, 23-4-2015 | Humas Aceh

Banda Aceh- Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Drs. Mustafa, Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Hubungan Luar Negeri  membuka  Rapat Koordinasi (Rakor)  Permasalahan dan Program Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Aceh di Ruang Potensi Daerah Kantor Gubernur Aceh, (23/4).

“Semoga pertemuan ini akan memberi manfaat bagi kita semua, dan berkontribusi untuk memberikan berbagai masukan kepada Pemerintah Pusat terkait permasalahan sektor energi dan sumber daya mineral yang ada di daerah,” ujarnya.

Rakor yang membicarakan masalah konservasi, diversifikasi energi bidang ketenagalistrikan, energi baru dan terbarukan tersebut diharapkan dapat memetakan potensi daerah, kendala serta solusi untuk memajukan sektor Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh.

Di samping itu, dalam sambutannya Gubernur juga berharap kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk terus mendukung pengembangan dan kemajuan pembangunan sektor energi dan sumber daya mineral di Aceh.

“Baik melalui bantuan teknis, pembangunan infrastruktur energi dan sumber daya mineral maupun pengkajian secara terpadu, yang didukung dengan kekayaan alam dan keanekaragaman budaya, untuk bersama-sama mewujudkan Aceh menjadi daerah yang “mandiri energi”,”terangnya.

Dengan sebaran potensi energi primer pembangkit tenaga listrik seperti air dan panas bumi yang besar di Aceh, semestinya Aceh dapat menjadi tuan rumah bagi kebutuhan energi listriknya sendiri. Namun karena berbedanya regulasi antar lembaga, pemanfaatan potensi tersebut belum dapat dilaksanakan secara maksimal.

 

Hadir dalam pertemuan tersebut Staf Ahli Menteri (SAM) bidang Komunikasi dan kemasyarakatan, Ronggo Kuncahyo, SAM bidang Investasi dan produksi, Agus Budi W, SAM Bidang Ekonomi dan Keuangan, Bambang Gatot A, SAM Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Yun Yunus K.[]

Check Also

Plt Gubernur Undang Pengelola Wisata ASEAN Datangkan Kapal Pesiar ke Sabang

Sabang – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengundang pengelola usaha wisata di kawasan ASEAN, …