Home / Berita Terkini / Gubernur Resmikan Dayah U’budiyyah Al Azhar Trienggadeng

Gubernur Resmikan Dayah U’budiyyah Al Azhar Trienggadeng

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah, meresmikan Dayah Ubudiah Al-Azhar di Gampong Deah Teumanah Puduek Tunong Kec. Trieng Gadeng, Kab, Pidie Jaya, 18/9.

Humas Aceh | 19 Sep 2016

Pidie Jaya – Gubernur Aceh dr. H. Zaini Abdullah meresmikan Dayah U’budiyyah Al-Azhar di Gampong Deah Teumanah, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, Minggu (18/9). Peresmian tersebut dilakukan bersamaan dengan acara zikir dan halal bi halal dengan masyarakat Trienggadeng.

Kedatangan Zaini Abdullah ke dayah tersebut disambut Pimpinan Dayah, Tgk. Mahyiddin, Waled Nu, tokoh dan masyarakat setempat. Zaini Abdullah juga di sematkan kain radak pada saat penyambutan.

Zaini Abdullah mengatakan, sangat menyambut baik kehadiran dayah U’budiyyah Al Azhar dan berharap dayah tersebut menjadi lembaga ummat yang siap mencetak kader-kader pemimpin bangsa yang akan membawa Aceh ke arah kehidupan yang lebih baik berdasarkan syariat Islam.

“Semoga kehadiran dayah ini mampu memperkuat fondasi pendidikan di Aceh serta menghasilkan generasi muda yang berkualitas” kata Zaini Abdullah saat memberikan sambutan seusai peresmian dayah tersebut.

Pemerintah Aceh kata Zaini terus memberikan perhatian terhadap pengembangan Dayah dan Pesantren di Aceh melalui Badan Pembinaan dan Pendidikan Dayah.

“Sampai dengan tahun 2015, sudah sekitar 5.878 dayah dan Balai Pengajian yang dibantu oleh Pemerintah Aceh, Insya Allah Pemerintah Aceh akan terus memberikan bantuan untuk penguatan dayah, melalui berbagai program-program penguatan dan pemberdayaan,” ujar Zaini.

Untuk Dayah U’budiyah Al Azhar kata Zaini, Pemerintah Aceh melalui Badan Pembinaan dan Pengembangan Dayah telah menyalurkan bantuan sekitar 700 juta untuk pembangunan infrastruktur. Selain itu, juga diberikan bantuan untuk pembangunan Masjid Darul Ihsan yang berada tepat disamping Dayah U’budiyah.

Zaini Abdullah menyampaikan, saat ini di Aceh terdapat ribuan lembaga dayah atau pesantren di Aceh, dengan jumlah santri mencapai ratusan ribu orang. Para alumni dayah juga telah banyak berkiprah dalam berbagai bidang dan memberikan  kontribusi bagi pembangunan Aceh, termasuk pembinaan dan pengembangan umat.

Peran Dayah lanjut Zaini, sangat penting dalam penguatan Dinul Islam karena dayah  merupakan pengawal utama untuk pendidikan dinul Islam di kalangan generasi muda.

”Semoga Dayah Ubudiyyah Al-Azhar ini akan menjadi lembaga ummat yang siap mencetak kader-kader pemimpin bangsa yang akan membawa Aceh ke arah kehidupan yang lebih baik berdasarkan syariat Islam,” kata Zaini.

Pada kesempatan tersebut, Zaini Abdullah juga menyerahkan bantuan berupa, mukena, baju koko, selimut dan peralatan dapur  untuk Dayah Ubudiyah. Bantuan tersebut juga diserahkan untuk Dayah Najmussalam Gampong Neurok, Geulumpang tiga Pidie yang mengalami musibah kebakaran beberapa waktu lalu.

 

Check Also

Plt Gubernur Aceh Resmikan Ruang Outbreak Pinere di RSUDZA

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah meresmikan pengoperasian Ruang Outbreak Pinere (Penyakit …