Home / Berita Terkini / Jalan Inspeksi Krueng Daroy Ditargetkan Jadi Tempat Wisata

Jalan Inspeksi Krueng Daroy Ditargetkan Jadi Tempat Wisata

Banda Aceh– Keberadaan jalan inspeksi Krueng (sungai) Daroy di Desa Seutui, Kota Banda Aceh ditargetkan dapat menjadi pembangkit kegiatan pariwisata di kawasan desa tersebut.
Jalan tersebut dibangun melalui program kota tanpa kumuh (Kotaku) tahun 2020 oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Harapannya dari pak Keuchik dan masyarakat, tempat ini bisa menjadi desa wisata, jadi nanti akan kita gali wisata apa yang bisa ditawarkan,”kata Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, saat mengunjungi pembangunan jalan inspeksi Krueng Daroy di Desa Seutui, Banda Aceh, Rabu, (11/3).

Selain itu, kata Dyah, pembangunan jalan inspeksi itu juga merupakan upaya untuk membenahi kawasan kumuh di lingkungan Krueng Daroy. Para penduduk yang tinggal di pinggir sungai itu pun sudah di relokasi dan mendapatkan ganti rugi ataupun rumah yang layak huni.

Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT, Meninjau pelaksanaan proyek penataan kawasan kumuh Krueng Daroy segmen 2, di kawasan setui, Banda Aceh, Rabu (11/03/2020)

“Jalan ini kita harapkan dapat menjadi jalan untuk pembersihan sungai di daerah ini, kalau dulu kan jalan ini padat sekali, tidak bisa alat berat masuk ke jalan ini untuk mengerok sampah di sungai,” kata istri Plt Gubernur Aceh itu.

Dyah mengatakan, nantinya pada sebagian infrastruktur di kawasan jalan tersebut akan menghadirkan edukasi sejarah Aceh.

“Kita juga akan garap tembok-tembok untuk bisa ditingkatkan kualitasnya, dengan cara membuat mural yang menggambarkan sejarah Aceh,” tutur Dyah.

Dyah menjelaskan, pembangunan jalan inspeksi sepanjang 900 meter di tepi Krueng Daroy itu ditargetkan selesai pada Agustus 2020 ini.

Check Also

[Video] Visitasi Kel III PKN2 ke Desa Dermaji Lumbir Banyumas Jateng