Home / Informasi Lain / DINUL ISLAM / Ijtima’ Ummat Islam Digelar, Ribuan Jama’ah Sambut Gubernur Zaini

Ijtima’ Ummat Islam Digelar, Ribuan Jama’ah Sambut Gubernur Zaini

Banda Aceh|09/18/2014LOGO-HUMASs1

Banda Aceh [Humas Aceh]-

Ribuan Jama’ah menyambut kedatangan Gubernur Aceh Zaini Abdullah dalam rangka menghadiri Ijtima’ (pertemuan) umat Islam se-Aceh dan Sumatera yang digelar di halaman Masjid Jamik Bukit Baroe Cot Goh Montasik, Rabu (17/9) petang. Selain diikuti para ulama dan jamaah dari nusantara, pertemuan yang akan berlangsung hingga 20 September mendatang ini juga diikuti ratusan jamaah dari Bangladesh, India, Filipina, Brunei Darussalam dan Africa Selatan.

Mereka terlihat sangat terharu dengan kedatangan Gubernur Zaini ketengah-tengah mereka.  Gubernur Zaini juga menunaikan Shalat magrib berjamaah di Masjid Jamik Cot Goh. Turut hadir mendampingi Gubernur Zaini Abdullah antara lain, Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah, Wakil Ketua DPR Aceh Sulaiman Abda, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah, unsur Forkopimda Aceh, jajaran SKPK Kabupaten Aceh Besar, sejumlah tokoh masyarakat dan ratusan undangan lainnya.

Ketua Penyelenggara Ustad H Fahruddin Lahmuddin mengucapkan terimakasih atas kehadiran Gubernur Aceh. “Penghargaan yang setinggi-tinggi atas dukunganya dan kehadiran ayahanda kami Gubernur Haji Zaini Abdullah adalah sebuah kemuliaan,” kata ustad Fachruddin.

Fahruddin menjelaskan, Ijtima’ yang akan berlangsung hingga 20 September ini akan diisi dengan nasehat dan bimbingan ulama. “ini murni pertemuan untuk dakwah islamiyah, tidak ada dimensi politik. Kita dakwahkan bagaimana menegakkan agama Allah, mewujudkan amal ibadah yang ikhlas dan nyata yang nantinya akan digerakkan untuk menyampaikan dakwah dan mengajak beribadah,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Penasehat Pertemuan Umat Islam Pusat H. Cecep Firdaus dalam pidatonya. Ditegaskannya, tujuan esensi dari pertemuan umat islam ini adalah merajut ukhuwah dalam meningkatkan keimanan kepada sang Khaliq. Ia juga menyeru ummat Islam untuk terus memperbanyak amal ibadah hingga memperoleh kasih saying Allah Swt.

“Kalau yang naik amal baik, Allah akan turunkan yang baik, begitu juga sebaliknya Allah akan turunkan yang buruk, tergantung amal yang dipersembahkan,” urai ustaz Cecep Firdaus.

Gubernur Zaini Abdullah menyampaikan kekagumannya dengan pertemuan dan silaturrahmi yang mengedepankan ruh keikhlasan dan bergerak keseluruh penjuru dunia menemui umat untuk mengajak mereka taat kepada Allah dan mengamalkan agama secara sempurna.

“Selamat selamat datang, ahlan wa sahlan, welcome to Aceh, kepada para tetamu kami baik yang datang dari Sumatera Utara maupun yang datang dari luar negeri, kami yakin kehadiran para tetamu kami yang datang kesini dengan penuh keikhlasan dan pengorbanan, meninggalkan keluarga, aktifitas dan rutinitasnya,  untuk mengharapkan ridha Allah SWT, akan membawa keberkahan dan kesejukan bagi bumi Serambi Mekkah ini,”ujar Zaini Abdullah.

Menurut informasi, pertemuan seperti ini baru kali ini diadakan di Aceh yang sebelumnya sudah diadakan di berbagai tempat lain di Indonesia bahkan di dunia. “kita berharap pertemuan seperti ini tetap akan berlanjut  dan berkesinambungan bahkan kalau bisa diadakan di berbagai tempat lain di Aceh, harapan ini tentunya didasari pada manfaat kegiatan ini bagi tegaknya usaha dakwah di bumi Serambi Mekkah ini sehingga diharapkan dapat mengembalikan kejayaan Islam seperti masa Sultan Iskandar Muda,” kata Zaini Abdullah.

Pentingnya kegiatan ini, tambah Gubernur, juga didasari pada realitas umat Islam baik di Aceh maupun di berbagai belahan dunia yang sudah jauh dari pengamalan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari karena deras nya arus globalisasi dan masuknya budaya asing serta perubahan pola hidup masyarakat.

“Realitas ini tentunya menuntut harus adanya usaha dakwah yang sungguh – sungguh dan berkesinambungan,” harapnya.

Melalui pertemuan umat Islam Aceh – Sumatera Utara ini, Doto Zaini juga berharap dapat membawa dampak positif terhadap terjalinnya Ukhuwah Islamyah antar seluruh Umat Islam yang sekarang ini sedang tercabik-cabik oleh propaganda dan adu domba pihak-pihak tertentu untuk memperkeruh kesatuan umat Islam yang pada gilirannya akan memperlemah posisi umat Islam dalam percaturan dunia internasional. []

 

 

 

Check Also

Sekjen Kemendagri Minta Percepat Realisasi IPDN Regional Aceh

Jakarta – Sekretaris Jenderal, Dr. Hadi Prabowo MM., mengintruksikan jajarannya di Kemendagri dan IPDN Jatinangor …