Home / Berita Terkini / Kafilah STQH Aceh Peringkat 6 Nasional

Kafilah STQH Aceh Peringkat 6 Nasional

Humas Aceh | 8 Juli 2019

Banda Aceh – Prestasi membanggakan kemballi ditorehkan oleh kafilah Aceh pada ajang Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke-26 di Provinsi kalimantan Barat. Di ajang ini, Kafilah Aceh berhasil bertengger di peringkat ke-enam atau naik satu peringkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di peringkat 7 nasional.

Wakil Ketua TP PKK dan Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati, turut menyambut kepulangan dan mempeusijuek kafilah STQH Aceh di ruang VIP Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang. Dyah Erti menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya kepada para kafilah.

“Semoga keberhasilan ini semakin memacu kita untuk berbuat lebih baik lagi untuk mengharumkan nama Aceh, baik di tingkat nasional maupun global. Terima kasih dan apresiasi saya kepada seluruh kafilah dan tim pendamping,” ujar Dyah Erti.

Wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Aceh ini juga berpesan kepada para peserta untuk terus menggelorakan kecintaan terhadap Qur’an dan Hadits, sehingga di masa mendatang akan semakin banyak generasi muda Aceh yang semakin mencintai Qur’an dan Hadits.

“Semakin banyak generasi yang gandrung dan mencintai Al-Qur’an dan Hadits, maka akan sangat baik bagi Aceh. Apalagi kita adalah satu-satunya daerah di Indonesia yang menerapkan Syari’at Islam,” imbau Dyah Erti.

Pada STQH Kalimantan Barat, M Akrim Dzaky, berhasil meraih juara pertama pada cabang Hafalan 100 Hadits, Mauliza Juliantika juara pertama pada cabang Tafsir Bahasa Arab dan Sahula Rusni juara kedua di cabang 5 Juz Tilawah putri.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Aceh Helvizar Ibrahim, yang turut menyambut kepulangan Kafilah STQHN Aceh juga tidak dapat menyembunyikan kebahagiaannya atas prestasi yang ditorehkan oleh Kafilah Aceh. Helvizar berharap prestasi ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Alhamdulillah, prestasi tahun ini sangat membanggakan kita semua. Kita tentu sangat berterima kasih dan sangat mengapresiasi usaha maksimal yang telah dilakukan oleh seluruh kafilah Aceh. Insya Allah ini akan menjadi semangat pendorong untuk berprestasi lebih baik lagi di masa mendatang,” ujar Helvizar

Untuk diketahui bersama, tahun ini Aceh mengirimkan 18 Kafilah untuk mengikuti STQH yang berlangsung di Pontianak Kalimanta Barat. Kafilah Aceh mengikuti 4 cabang perlombaan dengan 9 golongan, yaitu STQH cabang tilawah anak golongan putra dan putri serta tilawah dewasa putra-putri.

Selanjutnya, Cabang Tahfiz 1 Juz, Tahfiz 5 Juz, Tahfiz 10 Juz, Tahfiz 20 Juz dan Tahfiz 30 Juz Golongan Putra Dan Putri. Dua cabang lainnya adalah Tafsir Bahasa Arab dan cabang Musabaqah Hadits Nabi. Sebelum berangkat, para peserta asal Aceh telah mengikuti pelatihan selama 40 hari dari pelatih LPTQ Aceh dan pelatih dari Jakarta.

Berikut ini adalah daftar lengkap perolehan juara kafilah Aceh pada STQHN XXVI Pontianak 2019.

  • Mauliza Juliantika, Tafsir Bhs Arab Putri, Juara 1
  • M. Akrim Zaky, Hafalan 100 Hadist, Juara 1.
  • Sahula Ruzni, Tahfizh 5 Juz Putri, Juara 2.
  • M.  Farisi, Tahfizh 1 juz Putra, Juara Harapan 2.
  • Siti Fatimatuzzahra Sani,  Tahfizh 30 Juz Putra, Juara Harapan 2
  • Ratu Balqis Zatuddin, Tilawah Anak2 Putri, Juara Harapan 3.
  • Uli Satria, Tahfizh 10 juz putra, juara harapan 3.

Check Also

Plt Gubernur Tinjau Asrama Mahasiswa Aceh di Sumedang

Sumedang – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meninjau asrama mahasiswa Aceh yang terletak di …