Home / Berita Terkini / Lansia 74 Tahun Suwandi, Telah Berpulang

Lansia 74 Tahun Suwandi, Telah Berpulang

JAKARTA — Innalillahi wainnailaihi rajiun. Warga Aceh asal Lhoksumawe, Suwandi, (74) tahun, yang kemarin dijemput oleh Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) di pesantren Kiayi Maksum di Kampung Cibuni, Palasari, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat karena sakit berat, telah menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Persahabatan di Jalan Persahabatan Raya, Pisangan, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis, 18 Juli 2019 sekira pukul 15.50 WIB.

“Sebelum dipulangkan, beliau terlebih dulu mendapatkan penanganan karena kondisi beliau yang tidak memungkinkan untuk naik pesawat. Namun takdir berkata lain,” ujar Kepala BPPA, Almuniza Kamal melalui Ka. Subbid Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat BPPA, T. Syafrizal, Kamis, 18 Juli 2019.

Almuniza menjelaskan, sedianya lansia yang selama ini ikut pengajian di Pesantren Kiayi Maksum tersebut akan dipulangkan ke daerah asalnya di Jalan Listrik, Dusun Blang Malo, Kelurahan Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe hari ini.

“Sudah lebih dari 10 tahun ini beliau ikut mondok (belajar mengaji) di Pesantren Kiayi Maksum tersebut. Dalam 10 tahun tersebut, baru lima bulan ini beliau mulai sakit keras,” jelasnya, seperti diungkap Kiayi Maksum.

Suwandi menghembuskan nafas terakhirnya akibat dari gagal napas tipe satu, disebut juga gagal napas hipoksemik. Selain itu, semasa perawatan, Suwandi juga mengalami gagal ginjal.

“Dengan ini, kami menyampaikan bahwa Bp. Suwandi, 74 Tahun (Warga Aceh kurang mampu/terlantar) di daerah Bogor yang sejak kemarin ditangani oleh BPPA dan diantar untuk dirawat di RS Persahabatan Jakarta, pada sore ini sekitar pukul 15.50 WIB telah meninggal dunia. Untuk ini BPPA akan membawa pulang jenazah almarhum ke Lhoksumawe,” ujar Almuniza.

Rencananya, jenazah Suwandi akan dibawa pulang dengan pesawat Garuda besok pagi, Jumat, 19 Juli 2019. Selanjutnya, fasilitasi penjemputan dan pengantaran jenazah ke Lhoksumawe akan ditangani oleh Dinas Sosial Aceh.

“Atas kejadian ini, kita ikut berbelangsukawa sedalam-dalamnya. Dan bagi keluaga yang ditinggalkan, agar tabah dan sabar,” kata Almuniza.

Sebelumnya, diberitakan bahwa seorang lelaki lanjut usia asal Lhoksumawe, Aceh, bernama Suwandi (74) tahun mengalamami sakit keras. Lelaki tersebut berada di rumah salah seorang kenalan di wilayah Bogor, Jawa Barat dan mengharapkan sanak keluarga untuk datang menjemput.

Keterangan Foto: Suwandi (dalam tandu) saat sampai di Rumah Singgah Pemerintah Aceh yang dikelola oleh BPPA, setelah dijemput dari Pesantren Kiayi Maksum, Kampung Cibuni, Palasari, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 17 Juli 2019 kemarin. (Foto: BPPA/ Saifullah S)

Check Also

Plt. Gubernur Aceh Dukung Bulog jadi Penyedia BPNT

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mendukung Perum Bulog Divisi Regional Aceh sebagai …